Pidato Muharram : Renungan Umur Manusia

ProMutu.com » bulan muharram » pidato muharram

 

Meskipun 1 Muharram sudah lewat, tapi di bulan Muharram ini masih banyak yang memperingati tahun baru Islam. Contoh naskah pidato muharram tahun baru islam 1 muharramKarena itu, ProMutu hari ini menghadirkan naskah pidato Muharram singkat untuk anda. Mungkin di tempat anda akan diadakan tabligh akbar, santunan anak yatim, aneka lomba Islami atau acara lainnya. Menjelang acara-acara tersebut, biasanya ada sambutan atau pidato singkat. Nah, anda dapat menggunakan contoh naskah pidato Muharram ini! Semoga berkenan…

 

Naskah Pidato Muharram

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak, Ibu, Saudara-Saudari dan adik-adik rahimakumullah… Kata yang paling tepat untuk diucapkan hari ini adalah tahmid dan tasyakur kehadirat Allah SWT karena hanya dengan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya, kita semua dapat berkumpul di majelis ini guna untuk mendengar ceramah dalam rangka memperingati 1 Muharram, yang lazimnya disebut dengan tahun baru Islam.

 

Selanjutnya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Rasulullah saw karena dari beliaulah kita semua dapat mengetahui ajaran-ajaran Islam, sehingga kita dapat membedakan mana jalan yang lurus dan mana jalan yang salah.

 

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah

Pada saat ini kita semua tengah memperingati hari besar Islam 1 Muharram, oleh karena itu patutlah kita bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih diperkenankan oleh Allah untuk dapat menikmati apa yang telah diberikan oleh-Nya di muka bumi ini.

 

Contoh naskah pidato muharram tahun baru islam 1 muharramDengan memasuki tahun baru ini mari kita bertanya pada diri masing-msing apa saja yang telah kita lakukan dalam menjalami umur kita. Semoga ini membuat kita sadar bahwa umur kita telah bertambah satu tahun. Yang sebelumnya 27 tahun menjadi 28 tahun dan begitulah seterusnya. Akan tetapi, haruslah kita sadari pula bahwa dengan bertambahnya umur, maka sekaligus berkurangnya jatah hidup kita. Itu artinya, kesempatan kita untuk beramal shalih telah berkurang 1 tahun.

 

Hadirin rahimakumullah, dengan memasuki tahun baru Islam ini hendaknya kita mengoreksi akan hasil-hasil perbuatan kita di masa yang sudah lalu atau pada tahun yang telah kita tinggalkan.

 

Mari mengoreksi diri kita masing-masing dengan kaca mata agama. Kita buat neraca atau perbandingan selama satu tahun yang telah kita tinggalkan itu banyak perbuatan yang melanggar sayriat Islam atau kah banyak perbuatan yang diridloi oleh Allah. Kalau seandainya selama satu tahun kita tinggalkan itu banyak amalan-amalan baik, hal itu menunjukan bahwa tingkat keimanan kita semakin bertambah. Begitu pula sebaliknya, bila selama satu tahun yang itu banyak amalan jeleknya, maka tentunya kita harus lebih memperbaiki keimanan kita.

 

Karena itu, sudah selayaknya mari kita berdoa kepada Allah agar segala kekurangan, kekhilafan dan dosa-dosa yang kita lakukan di tahun lalu diampuni Allah. Demikian juga agar amal-amal kita di tahun yang kita tinggalkan diterima oleh Allah SWT. Amin ya arhama rahimin. [ Baca artikel : Doa Tahun Baru Hijriah ]

 

Hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Dengan bergantinya tahun baru Islam ini yang membuat umur kita bertambah, gunakanlah sisa umur yang ada untuk melakukan amalan-amalan atau aktifitas yang sesuai dengan norma-norma agama, dan itulah sebaik-baiknya tindakan manusia yang cerdik. Sesuai dengan hadits Rasulullah saw :

 

“Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya dan sejelek-jeleknya manusia adalah yang diberi umur panjang dan jelek amalannya(perbuatannya). (HR.Ahmad)”

 

Berangkat dari hadits tersebut, marilah kita dalam memperingati hari besar Islam, utamanya tahun baru Hijriah yang tepatnya pada tanggal 1 Muharram kita koreksi diri, kita perbanyak mengumpulkan amalan-amalan yang bagus. Itulah makna sebenarnya dalam acara memperingati tahun baru Islam di bulan Muharram ini. Mari kita buka baru untuk menulis hal-hal yang lebih bermanfaat untuk diri kita dan sesama. Contoh pidato muharram tahun baru islam 1 muharram

 

Inilah sedikit hikmah yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat khususnya untuk diri saya dan bagi kita semua. Aamiin yaa arhamaa raahimiin.

Akhirul kalam, terimakasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan. Wallahul mufaafiq ilaa aqwami thariq. Billahi taufiq wal hidayah wal affu minkum tsumaa salaamu alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

 

Naskah Pidato Muharram ini diambil dari www.gudangmateri.com tentang Pidato Peringatan 1 Muharram – Semoga bermanfaat

 

Untuk input kami, jika anda suka info ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M