Solusi Mengatasi Krisis Minat Shalat Berjamaah

shalat berjamaah di masjid solusiMengapa banyak yang tidak berminat shalat berjamaah di masjid? Bagaimana cara mengatasinya? Inilah solusi penting untuk meningkatkan motivasi shalat berjamaah di masjid.

 

Fakta Miris tentang Shalat Berjamaah di Masjid
Masih teramat banyak yang meremehkan panggilan Allah (Adzan) dengan shalat berjamaah di masjid. Buktinya, banyak masjid megah nan luas tapi jamaah shalatnya sangat memprihatinkan. Masjid dengan kapasitas 1000 orang misalnya, jamaah shalatnya hanya 10 orang (1%). Lalu kemana mereka yang 99% itu?

Padahal, fungsi utama masjid adalah untuk shalat berjamaah. Adapun jika masjid difungsikan untuk kegiatan belajar, kegiatan ekonomi, musyawarah dsb itu hanyalah fungsi sekunder. Artinya, meskipun masjid itu secara fisik sudah selesai dibangun, tapi kalau shalat jamaahnya hanya 10 orang… berarati hakikatnya pembangunan masjid itu baru selesai 1%

Inilah satu realita yang harus diakui oleh pengurus masjid, sebagaimana yang pernah dilontarkan oleh pengurus Masjid Raya Taman Yasmin (klik: Ceramah Isra Mi’raj yang Memukau).

Penyebab Kurangnya Minat Shalat Berjamaah di Masjid

Umumnya, mereka yang enggan berjamaah di masjid disebabkan oleh 4 faktor.

1. Tidak tahu kedudukannya
Shalat berjamaah adalah perintah Allah dan Rasul-Nya. Dalam Al Baqarah Allah memerintahkan “Rukulah beserta orang-orang yang ruku”

2. Tidak tahu urgensinya
Saking urgent-nya shalat berjamaah, orang yang buta pun belum mendapat keringanan untuk shalat di rumahnya. Ini tertuang dalam riwayat Abu Daud

3. Tidak tahu keistimewaannya
Shalat berjamaah luar biasa. Klik: Keistimewaan Shalat Berjamaah untuk membaca selengkapnya

4. Tidak tahu ancaman bagi yang meninggalkannya
Rasul memberikan ancaman keras bagi laki-laki yang mengaku mukmin, tapi tidak menghiraukan panggilan Allah dengan sholat berjamaah di masjid.

Solusi untuk Meningkatkan Minat Shalat Berjamaah

1. Bentuk GPKSB
GPKSB adalah Gerakan Pembangunan Kebiasaan Shalat Berjamaah. Bentuklah gerakan ini di masjid anda. Informasi tentang GPKSB klik: Free Ebook Manajemen Masjid

2.  Seminar Motivasi 
Salah satu yang dapat membantu untuk memberikan seminar motivasi shalat jamaah di masjid anda adalah IMTRA Training Center. Klik: Seminar Shalat dan isi formulir yang tersedia.

3. Stiker Motivasi
stiker islam smuibBaru-baru ini telah diluncurkan Program SMUIB (Sejuta Motivasi Untuk Indonesia Bangkit) dengan bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah. Klik: Stiker Islam untuk membaca informasinya lebih lengkap.

Demikianlah 3 solusi yang mudah-mudahan dapat meningkatkan minat shalat berjamaah di masjid anda.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking