Contoh Ceramah Singkat Padat – Memukau

contoh ceramah singkat menarikContoh ceramah singkat ini pernah disampaikan oleh Ustadz Akhmad Tefur dalam beberapa waktu lalu. Yang kami sajikan ini adalah merupakan ringkasannya. Sebuah contoh ceramah singkat yang bisa kita sampaikan di tempat lain.

Pembukaan ceramah singkat ini sangat memukau hadirin, karena mengemukakan sesuatu yang tidak lazim. Bahkan bertentangan dengan kebiasaan yang berlaku selama ini. Tapi inilah contoh pembukaan ceramah agama Islam yang menarik! Begini kata pembukaan ceramahnya:

“Hadirin yang saya hormati, saya mengucapkan turut bergembira atas meninggalnya Bapak Fulan bin Fulan….”

Inilah yang disebut permainan ice breaker, sebuah bumbu ceramah untuk mengundang daya tarik audien. Klik: kumpulan ice breaker untuk download bumbu-bumbu ceramah lainnya.

Contoh Ceramah Singkat

“Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa (kematian) dan buah-buahan. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Al Baqarah 155-157)

Dalam ayat di atas ada kalimat “Wabasyir”, artinya berikanlah kabar gembira! Inilah alasan yang syah, mengapa jika ada orang yang meninggal kita ucapkan “Turut berbahagia”

Lanjutan contoh ceramah singkat

Tentu saja, kabar gembira dimaksud adalah hanya bagi orang-orang yang menghadapi musibah dengan sabar. Apa arti sabar? Sabar menurut ayat di atas adalah orang yang jak ditimpa suatu musibah dia memahami bahwa semua milik Allah, dan akan kembali kepadaNya. Pemahaman ini seringkali diucapkan dengan kata: Inna lillahi wa inna ilaihi rajium.

Kemudian, dalam ayat itu juga dipaparkan bahwa orang-orang yang sabar dalam menghadapi musibah, bisa mendapatkan 3 manfaat besar yaitu:
– Berkah
– Rahmat
– Petunjuk

Bahkan, di dalam ayat sebelumnya (QS Al Baqarah 153) Allah berfirman:
“Wahai orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Karena itu, orang yang sabar juga akan memiliki dua keuntungan lainnya, yaitu:
– Memperoleh pertolongan Allah SWT, dan
– Allah menyertai dirinya

Inilah contoh ceramah singkat padat. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk anda. Untuk membuat ceramah yang lebih menarik, silakan ikuti training Super Public Speaking dan Training PowerPoint Magic Presentation klik: Presentasi Menarik

SILAKAN SHARE....
  • 37
  •  
  •  
  •  
  •