Rekomendasi Contoh Khutbah Jumat V-2

ProMutu.com » ceramah agama islam » contoh khutbah jumat

contoh khutbah jumat shalat berjamaahContoh khutbah ini merupakan lanjutan dari posting sebelumnya, “Rekomendasi Contoh Khutbah Jumat Motivasi” yang dapat anda baca dengan klik: Contoh Khutbah Jumat

Sidang Jumat yang berbahagia…
Alasan kedua, mengapa kita harus memilih shalat berjamaah di masjid adalah karena shalat berjamaah di masjid mempunyai urgensi yang sangat tinggi. Buktinya, orang yang buta pun tidak mendapatkan rukhsah (keringanan) untuk meninggalkan shalat berjamaah di masjid. Inilah dalilnya:

Dari Abu Hurairah : Seorang pria buta mengadu kepada Rasulullah SAW, katanya: “ Ya Rasul, tiada seorang penuntun bagiku yang menolongku mengantar ke masjid, maka berilah keringanan untukku shalat di rumah. Kemudian, ia diberi keringanan oleh Rasul. Namun ketika ia tegak dan baru beberapa langkah pulang, Rasulullah SAW memanggilnya kembali, sabdanya : “Adakah kamu mendengar adzan shalat?”. Jawabnya: “Ya, aku mendengarnya”. Sabda Rasul : “Untuk itu, hendaklah engkau penuhi panggilan itu”. (HR Muslim).

Sidang Jumat yang berbahagia, mari kita renungkan….
Betapa orang yang buta dan hidup sebatang kara, tidak punya saudara yang dapat menuntun ke masjid untuk shalat berjamaah…. Ternyata dia belum mendapatkan dispensasi untuk menginggalkan shalat berjamaah di masjid.

Maka jika demikian, tentu kita yang masih melek seharusnya lebih giat menghadiri shalat berjamaah di masjid.

Lanjutan contoh khutbah Jumat…

Sidang Jumat yang berbhagia,
Bukti lainnya, bahwa shalat berjamaah di masjid memiliki urgensi yang sangat tinggi adalah bahwa orang yang hidup di daerah tidak aman pun tidak mendapatkan rukhsah (keringanan) untuk meninggalkan shalat berjamaah di masjid. Inilah dalilnya:

Dari Umi Maktum, bahwasanya ia mengadu kepada Rasullah SAW, katanya: “Ya Rasul, bahwasanya kota Madinah ini banyak binatang buas lagi kejam, yang tentu aku sangat khawatir atas keselamatanku. Lalu Rasulullah SAW bersabda: “Adakah kamu mendengar Hayya alash-sholah, hayya alal falah?. Kalau mendengarnya, maka datanglah kemari memenuhinya”. (HR Abu Daud).

Maka jika demikian, tentu kita yang tinggal di daerah aman sudah seharusnya lebih giat menghadiri shalat berjamaah di masjid.

Lanjutan contoh khutbah Jumat ini dapat anda baca dengan mengklik: khutbah Jumat. Contoh khutbah Jumat sebelumnya (V-1) dapat anda baca dengan klik: teks khutbah jumat

SILAKAN SHARE....
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •