Peristiwa Isra Mi’raj : Bertemu dengan Banyak Nabi yang Telah Meninggal

peristiwa isra mi'raj di al quran dan haditsPeristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW itu sungguh luar biasa! Apalagi desebutkan ketemu dengan para nabi yang sudah meninggal. Di masa itu teknologi masih sangat sederhana. Mereka hanya mengenal kuda dan unta sebagai kendaraan yang dipakainya. Meskipun demikian, sebagai muslim kita mesti percaya adanya peristiwa Isra Mi’raj itu karena ada dalilnya dalam Al Quran dan hadits.

Dalil-dalil tentang Peristiwa Isra Mi’raj

Peristiwa Isra Mi’raj di dalam Al Quran dijelaskan dalam dua surat. Tentang isra, dijelaskan dalam surat Al Isra dan tentang mi’raj digambarkan dalam surat An Najm.

Dalil peristiwa isra dalam Al Quran Surat Al Isra :

hikmah isra mi'raj nabi muhammad saw dalam al quran surat al isra
“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad SAW) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al Isra 1)

Dalil peristiwa mi’raj dalam Al Quran Surat An Najm
peristiwa isra mi'raj nabi muhammad saw dalam al quran surat aln najm

“Dan sesungguhnya dia (Nabi Muhammad SAW) telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di Sidratul Muntaha. Di dekat (Sidratul Muntaha) ada syurga tempat tinggal. (Dia melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” (An Najm 13-18)

Itulah dahsyatnya peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang mesti kita imani. Selanjutnya, inilah dalil hadits tentang bertemunya Nabi Muhammad SAW dengan nabi-nabi yang telah meninggal dunia:

peristiwa isra mi'raj hadits bertemu para nabi

Dari Sa’id bin Al Musayyib, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ketika aku diisra’kan (diperjalankan), aku bertemu Musa ‘alaihis salam.” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mensifatinya dengan mengatakan bahwa ia adalah pria yang tidak gemuk yang berambut antara lurus dan keriting serta terlihat begitu gagah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun bertemu ‘Isa.” Lalu beliau mensifati ‘Isa bahwa ia adalah pria yang tidak terlalu tinggi, tidak terlalu pendek dan kulitnya kemerahan seakan baru keluar dari kamar mandi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun bertemu Ibrahim -shalawatullah ‘alaih- dan aku adalah keturunan Ibrahim yang paling mirip dengannya. Aku pun datang dengan membawa dua wadah. Salah satunya berisi susu dan yang lainnya khomr (arak). Lantas ada yang mengatakan padaku, “Ambillah mana yang engkau suka.” Aku pun memilih susu, lalu aku meminumnya.” Ia pun berkata, “Engkau benar-benar berada dalam fithrah. Seandainya yang kau ambil adalah khomr, tentu umatmu pun akan ikut sesat.” (HR. Muslim no. 168).

Teks hadits dan terjemahannya dikutip dari rumaysho.com

Kesimpulan
Kejadian-kejadian luar biasa dalam peristiwa Isra Mi’raj berdasarkan Al Quran dan Hadits di atas adalah:
– Nabi Muhammad SAW diperjalankan dalam jarak yang amat jauh dalam waktu singkat
– Beliau bertemu malaikat Jibril dalam rupa aslinya
– Menembus sidratul muntaha, yang di dekatnya ada surga
– Bertemu dengan para nabi yang telah meninggal

Hikmah Isra Mi’raj yang mesti kita petik adalah kesadaran akan Maha Besarnya Allah. Maka jelaslah sudah, bahwa di dalam panggilan adzan ada lafadz Allahu Akbar (Allah Maha Besar) yang dikumandangkan 6 kali. Ini agar kita ingat tentang Maha Besarnya Allah dalam peristiwa Isra Mi’raj yang oleh-olehnya adalah perintah shalat.

 

SILAKAN SHARE....
  • 25
  •  
  •  
  •  
  •