Korelasi Peristiwa Isra Miraj dan Shalat yang Jarang Terungkap

peristiwa isra miraj nabi muhammad sawPeristiwa Isra Miraj itu luar biasa! Shalat juga merupakan aktivitas yang luar biasa… Bagaimana korelasi strategis peristiwa Isra Miraj dan Shalat? Fakta ini jarang terungkap. Pengin tahu? Baca artikel menarik di koran Rupublika Dialog Jumat di bulan Rajab ini, yang ditulis oleh Hannan Putra.

Penulis adalah wartawan Republika. Berikut kami kutip sebagian isinya:
Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa yang luar biasa. Ketika menyebutkan peristiwa ini Allah SWT memulainya dengan kalimat tasbih. “Mahasuci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam ….” (QS Al Isra).

Menurut Ketua GPKSB (Gerakan Pembangunan Kebiasaan Shalat Berjamaah) Akhmad Tefur, SSi, kalimat tasbih identik dengan hal luar biasa. Seperti halnya, peristiwa Isra Miraj dan juga perintah shalat yang diberikan Allah dalam peristiwa Isra Miraj tersebut.

Tefur menerangkan, Allah sering menggunakan kata ganti shalat di dalam Alquran dengan kata rukuk dan sujud. Misalnya, dalam surat al-Baqarah disebutkan, “… dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.” (QS Al Baqarah 43).

“Maksudnya di sini tentu bukanlah rukuk berjamaah, tapi shalat berjamaah,” terang Tefur.

lanjutan korelasi peristiwa isra miraj dan shalat…

Demikian pula dengan sujud, seperti diterangkan dalam ayat lain, “… bersihkanlah rumahKu (Masjid Haram) bagi orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang rukuk, dan yang sujud.” (QS Al Baqarah 125).

Rukuk dan sujud adalah salah satu rukun di dalam shalat yang menggambarkan ketundukan dan kepatuhan kepada Allah. Di dalamnya dibaca bacaan tasbih yang menyucikan Allah SWT.

“Rukuk-sujud itu yang dibaca tasbih, yang merupakan istilah lain dari “shalat” seperti disebutkan dalam ayat di atas. Dan shalat adalah oleh-oleh Isra Miraj. Peristiwa Isra Miraj yang luar biasa itu juga dimulai dengan tasbih,” papar Tefur.

Jadi dapat kita pahami bahwa peritiwa Isra Miraj Nabi Muhamad SAW dan shalat adalah dua hal yang luar biasa……

Karena itu, sudah sepatutunya bahwa peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW itu tidak hanya untuk diperingati saja, tapi hendaknya sebagai bahan renungan Islam akan dahsyat shalat. Agar kita lebih menghargai shalat. Agar kita lebih cinta masjid.

Jangan sampai malamnya kita memperingati peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, tapi paginya masji sepi. Sedikit sekali yang shalat Subuh berjamaah.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking