Serba Serbi Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Daftar Isi Tentang Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang wajib anda ketahui:

  • Pengertian Isra Mi’raj
  • Peristiwa Isra Mi’raj
  • Sejarah Isra Mi’raj
  • Ceramah Isra Mi’raj
  • Hikmah Isra Mi’raj
  • Kisah Isra Mi’raj
  • Pidato Isra Mi’raj
  • Puisi Isra Mi’raj

1. Pengertian Isra Mi’raj

isra mi'raj nabi muhammad sawIsra berarti perjalanan malam, dari masjid Haram di Mekah ke masjid Aqsa di Palestina. Mi’raj berarti naik ke langit.

 

2. Peristiwa Isra Mi’raj
Dari pengertian isra mi’raj di atas, maka peristiwa isra mi’raj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW di malam hari, dari masjid ke masjid lalu naik ke langit.

3. Sejarah Isra Mi’raj
Isra Mi’raj terjadi pada periode akhir kenabian di Mekah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut Al-Allamah Al-Manshurfuri, Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer. (id.wikipedia.org)

4. Ceramah Isra Mi’raj
Contoh ceramah agama Islam tentang Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini pernah disampaikan di Masjid Raya Yasmin Bogor. Ceramah ini sangat menggelitik, dan dapat membuat hadirin terpukau. Silakan sampaikan isi ceramah Isra Mi’raj ini di masjid anda masing-masing.

Hadirin yang dirahmati Allah…
Bila suatu hari kita dalam perjalanan dan singgah di sebuah masjid megah dan indah… bagaimana perasaan kita sebagai seorang muslim? Tentu sangat senang, bukan?! Apalagi jika masjidnya terawat rapi. Tempat wudhunya bagus, lengkap dengan toilet yang bersih. Walhasil, kita dapat beristirahat melepas penat dengan nyaman, sambil menunggu waktu shalat tiba. Mari kita simak penggalan kisah menarik ini… Baca selengkapnya, klik: Ceramah Isra Mi’raj

5. Hikmah Isra Mi’raj
Hikmahnya adalah agar kita lebih sering melakukan perjalanan dari masjid ke masjid, bukan dari mall ke mall. Selain untuk lebih mencintai shalat berjamaah di masjid, juga untuk menambah perbendaharaan ilmu dan menjalin silaturahim. Sebab, setiap masjid biasanya memiliki acara kajian Islam dengan nara sumber yang berbeda-beda.

Hikmah Isra Mi’raj lainnya adalah agar termotivasi melakukan shalat malam, karena isra mi’raj merupakan “perjalanan malam” untuk meninggikan derajat kita. “Dan pada sebahagian malam shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (Al Isra 79)

Menambah pemahaman bahwa Allah Maha Kuasa. Allah telah menunjukkan kuasanya untuk memperjalankan jarak yang begitu amat jauh dalam waktu yang sangat singkat.

Menambah pengetahuan tentang 7 lapis langit, dan perbendaharaan langit lainnya

Menambah keyakinan akan kebesaran Allah SWT.

Agar lebih menghargai shalat lima waktu, karena perintah ini langsung dijemput oleh Rasul sampai langit ke tujuh (Sumber: www.akhmadtefur.com)

6. Kisah Isra Mi’raj
Kisah Isra Mi’raj dalam Al Quran termuat dalam dua surat, yaitu surat Al Isra : 1 dan surat An Najm 13-18

Terjemah Al Quran Surat Al Isra:1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hambaNya (Nabi Muhammad SAW) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Terjemah Al Qurat Surat Najm 13-18
Dan sesungguhnya dia (Nabi Muhammad SAW) telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di Sidratul Muntaha. Di dekatnya (Sidratul Muntaha) ada surga tempat tinggal. Ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.

7. Pidato Isra Mi’raj
Bahan pidato Isra Mi’raj dapat anda baca di artikel Isra Mi’raj yang berjudul: “Isra Miraj dan Misteri 7 Langit” di akhmadtefur.com/artikel-menarik/isra-miraj-dan-misteri-7-langit/

8. Puisi Isra Mi’raj
Isra Mi’raj identik dengan perintah shalat. Karena itu, puisi Isra Mi’raj ini adalah arti lugas dari lafadz adzan, panggilan shalat lima waktu.

Allah Maha Besar Memanggilku untuk menerima hadiah besar
Aku bersaksi, tiada yang lebih penting dari panggilan Allah ini
Aku pun bersaksi, bahwa Nabi Muhammad adalah panutan
yang selalu memenuhi panggilan Allah ini
Yaitu panggilan shalat berjamaah di masjid
Untuk menjemput hadiah kemenangan
Allah Maha Besar Memanggilku untuk menerima hadiah besar
Aku bersaksi, tiada yang lebih penting dari panggilan Allah ini

Itulah puisi singkat Isra Mi’raj yang sangat bermakna dan memotivasi shalat

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking