Kajian Spesial tentang Manajemen Waktu Islam

ProMutu.com » kajian islam » manajemen waktu islam

Manajemen Waktu Islam

Kajian tentang manajemen waktu islamLatar belakang adanya kajian Islam dengan tema manajemen waktu Islam ini bermula dari sebuah artikel tentang waktu yang berjudul “Tentang Waktu dan Demi Waktu” yang ditulis oleh Ustadz Akhmad Tefur.

Waktu dapat membuat kita bahagia atau menderita, tergantung bagaimana kita mempergunakannya. Itulah pentingnya kajian tentang manajemen waktu Islam. Tujuan kajian ini adalah:
–    Memahami pentingnya manajemen waktu Islam
–    Motivasi untuk lebih bijak dalam menggunakan waktu
–    Dapat membuat rencana penggunaan waktu yang baik
–    Memperbaiki kualitas diri dari waktu ke waktu

Pentingnya manajemen waktu Islam

Anda tidak mungkin secara tiba-tiba hafal 99 asmaul husna. Betul? Anda juga tidak akan pernah menghafalnya jika anda tidak pernah punya rencana untuk menghafalnya. Lantas, waktu anda pun akan terbuang percuma untuk nonton iklan-iklan di TV.

Dalam manajemen waktu Islam, mengacu pada QS Al Mukminun: “Dan orang-orang yang menjauhi kesia-siaan”, maka kita sepatutnya tidak menyia-nyiakan waktu begitu saja. Jangan biarkan waktu berlalu tanpa bertambahnya ilmu, keterampilan dan amal shalih.

Dalam kajian manajemen waktu Islam, akan dibahas tentang cara pengaturan waktu untuk mengingkatkan ilmu, keterampilan dan amal shalih. Juga dibahas secara detail prioritas-prioritas ilmu, prioritas ketrampilan dan prioritas amal shalih yang harus kita agendakan dalam manajemen waktu. Selanjutnya, dibahas tentang ilmu-ilmu sekunder, keterampilan sekunder dan amaliyah sekunder.

Beda Ilmu an Keterampilan
Ilmu relatif lebih mudah diperoleh ketimbang keterampilan. Ilmu adalah pengetahun yang kita miliki, sedangkan keterampilan adalah kemampuan yang kita miliki. Tahu belum tentu mampu. Contohnya, jika kita membaca buku tentang arti bacaan shalat, maka kita akan tahu arti bacaan shalat. Tapi hanya dengan membaca, kita belum tentu langsung memiliki kemampuan untuk mengerti arti bacaan shalat kata per kata. Untuk memiliki kemampuan teresebut, kita perlu berlatih (menghafal) sampai terampil.

Umumnya, bagi kita yang telah lepas masa sekolah sangat jarang menambah keterampilan baru. Yang sering kita tambah hanya berupa ilmu. Padahal, keterampilan juga luar biasa penting untuk kesempurnaan ibadah kita.

Kajian tentang manajemen waktu Islam berdurasi 40 – 50 menit (termasuk tanya jawab). Pemateri : Ustadz H. Akhmad Tefur Sayidi, S.Si (Pembina IMTRA Training Center, penulis buku Trilogi Shalat Sempurna, Pesona Jendela Rahasia dan 10 judul buku lainnya).

Bebas biaya penyelenggaraan (Gratis)
Program kajian tentang manajemen waktu Islam merupakan salah satu program GPKSB. Karena itu, setiap member aktif GPKSB yang ingin menyelenggarakan kajian ini di tempat anda, tidak dipungut biaya administrasi (gratis). Yang dimaksud member aktif adalah:
– Semua yang telah mendaftar di sini (pendaftaran tidak dipungut biaya)
– Menjelang kajian, telah menyebarkan minimal 1 edisi buletin dakwah GPKSB
– Bersedia menyebarkan minimal 9 edisi berikutnya pasca penyelenggaraan kajian Islam ini

Transportasi disediakan oleh penyelenggara

Bagi anda yang mau mengadakan kajian tentang manajemen waktu Islam silakan hubungi kami atau mengisi formulir. Jika saat ini belum memungkinkan untuk mengadakan kajian tersebut di tempat anda, mohon share kesempatan ini ke sahabat-sahabat anda.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking