Kajian Paten Menyambut Tahun Baru Hijriah

ProMutu.com » kajian islam » menyambut tahun baru hijriah

Menyambut Tahun Baru Hijriah

Kajian paten menyambut tahun baru hijriahDalam menyambut tahun baru Hijriah, tema kajian Islam yang paling mengena adalah “Rahasia Sukses Mempertahankan Semangat hijrah.”  Tema ini pernah disampaikan oleh Ust. Akhmad Tefur dalam khutbah Jumat pada tahun baru Hijriah yang lampau.

Berikut ini sedikit cuplikannya:
“….. Yang cukup menakjubkan dari fenomena ini adalah, jamaah haji  yang mengganti namanya rata-rata menjadi orang sukses. Sukses dunia dan insya_allah sukses akhirat. Sukses akhirat dalam arti, secara dhahir terlihat jelas peningkatan ketaatannya kepada Allah SWT.

Inilah fenomena luar biasa, sebuah cara yang memberi dampak luar biasa, yang sebenarnya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bagaimana Rasulullah mengajarkan cara ini kepada kita? Inilah yang akan khatib bocorkan rahasianya pada kesempatan khutbah Jumat kali ini. Rahasia emas ini terpendam dalam sejarah hijrah Nabi yang selama ini jarang terlihat oleh ummat Islam.

Menyambut tahun baru Hijriah, inilah saat yang tepat bagi kita untuk menggali sejarah hijrah nabi dari Mekah menuju Madinah. Tentu saja untuk mengambil rahasia emas yang terkandung di dalamnya. Karena, hijrah nabi adalah tonggak kebangkitan dan keberhasilan ummat Islam.

Sidang jamaah shalat Jumat yang berbahagia…
Seusai hijrah, Nabi Muhammad SAW melakukan dua tindakan yang berdampak luar biasa.

Tindakan Pertama : Membuat Program Pembenahan
– Program pembinaan iman dan taqwa
– Menggalang persatuan kaum Muhajirin dan Anshor
– Hubungan antar ummat yang dituangkan dalam Piagam Madinah

Tindakan Kedua : Mengadakan Perubahan
Nabi Muhammad merubah nama Yatsrib menjadi Madinah Al Munawaroh (Kota yang disinari). Program kedua ini nampaknya sepele, hanya mengganti nama! Tapi inilah justru yang menjadi cara cerdas dalam mempertahankan semangat hijrah.

Sekali lagi, mengganti nama Yatsrib menjadi Madinah adalah tindakan luar biasa yang selama ini kita anggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Itulah mengapa, Rasbin berganti nama menjadi H. Sholeh, Karyudi berganti nama menjadi H. Abdullah dan sebagainya.

Secara psikologis, dengan merubah nama Yatsrib menjadi Madinah, maka semua orang akan melihat ada hal baru. Dengan demikian mereka selalu ingat bahwa mereka sedang memiliki proram pembenahan menuju yang lebih baik. Inilah cara cerdas dan cara jitu yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita, untuk senantiasa mengingatkan dan memberi semangat perbaikan… :

Kajian ini berdurasi 50 – 60 menit (termasuk tanya jawab). Dibawakan langusng oleh penulisnya, Ustadz H. Akhmad Tefur Sayidi, S.Si selaku pembina IMTRA Training Center, penulis buku Trilogi Shalat Sempurna, dan ketua umum Gerakan Pembangunan Kebiasaan Shalat Berjamaah (GPKSB).

Bebas biaya penyelenggaraan (Gratis)
Program kajian menyambut tahun baru Hijriah merupakan salah satu program GPKSB. Karena itu, setiap member aktif GPKSB yang ingin menyelenggarakan kajian ini di tempat anda, tidak dipungut biaya administrasi (gratis). Yang dimaksud member aktif adalah:
– Yang telah berlangganan Buletin Dakwah GPKSB (Gratis)
– Menjelang kajian, telah menyebarkan minimal 1 edisi buletin dakwah GPKSB
– Bersedia menyebarkan minimal 9 edisi berikutnya pasca penyelenggaraan kajian menyambut tahun baru Hijriah
Catatan: Kajian Rahasia Sukses Hijrah Nabi ini dapat anda selenggarakan di luar peringatan menyambut tahun baru Hijriah. Transportasi ditanggung oleh penyelenggara.

Bagi anda yang mau mengadakan kajian Islam ini di tempat anda, baik untuk menyambut tahun baru Hijriah atau event lainnya, silakan hubungi kami atau mengisi formulir. Jika saat ini belum memungkinkan untuk mengadakan kajian tersebut di tempat anda, mohon share kesempatan ini ke sahabat-sahabat anda. Gratis!

 

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking