Khutbah Jumat Singkat Terbaru

Contoh teks khutbah ini bisa berdiri sendiri sebagai teks khutbah Jumat singkat atau bisa juga merupakan sambungan dari naskah khutbah Jumat sebelumnya. 

Khutbah Jumat Singkat Motivasi Islam: Shalat Berjamaah

Jamaah shalat Jumat yang berbahagia…. Boleh saja kita dibenci orang sekampung, asal tidak dibenci oleh Rasulullah. Bahkan boleh saja kita dibenci orang sedunia, asal tidak dibenci oleh Rasulullah. Maka sadarlah bahwa salah satu kriteria orang-orang yang dibenci Nabi Muhammad Rasulullah adalah laki-laki yang tidak shalat berjamaah di masjid. Apa buktinya? Simak hadits berikut ini:

Bahwa Rasulullah SAW bersabda:
contoh naskah teks khutbah jumat singkat pilihan terbaru”Demi dzat yang diriku ditangan-Nya, aku ingin menghimpun kayu bakar, lalu kusuruh orang mengumandangkan adzan shalat, dan kusuruh imam memimpin shalat berjamaah, dan kudatangi mereka yang tidak shalat berjamaah: kubakar mereka bersama rumah-nya
(HR Bukhari-Muslim)

Jika Rasul telah membenci kita yang tidak suka berjamaah

Maka pantaskah kami mengaku sebagai ummatnya?
Jika Rasulullah, sang kekasih Allah begitu sangat membenci kita
Maka pantaskan doa-doa kita dikabulkan?.
Jika Rasul amat murka, bahkan sampai bersumpah demi Allah beliau akan membakar kita beserta rumah-rumahnya. Maka pantaskah beliau memberikan syafaatnya di hari kiamat?
Jika Rasul Muhammad sang kekasihMu begitu sangat membenci kami
Maka pantaskah Allah memberikan surgaNya kepada kita yang selalu melalaikan shalat jamaah? Yang selalu meremehkan panggilan adzan-Nya?

Sebagai catatan, ada pihak lain yang mengklaim bahwa Islam itu kejam. Mereka menggunakan hadits di atas sebagai buktinya. Juga ada pihak yang mengatakan bahwa hadits ini tidak etis untuk dikemukakan kepada umat. Benarkah demikian?

Maka jawabannya adalah tidak benar!
Karena meskipun Nabi Muhammad sampai bersumpah ingin membakar, tapi pada kenyataannya beliau tidak pernah membakar sekali pun. Hanya sebuah keinginan saja…. tidak pernah dilaksankan. Hadits di atas adalah ungkapan betapa bencinya beliau kepada yang mengaku beriman, tapi mendapat panggilan Allah (panggilan adzan) mereka tidak mau datang ke masjid.

Lanjutan teks khutbah Jumat singkat
Dan yang patut kita pahami adalah, sebenarnya hadits di atas adalah bukti kasih sayangnya Rasul kepada seluruh umatnya. Beliau ingin agar umatnya tidak dibakar di neraka…. maka beliau melontarkan sabda tersebut untuk memberikan motivasi masuk surga dengan shalat berjamaah di masjid.

Sidang khutbah Jumat yang beriman,
Sekali lagi dalam khutbah Jumat singkat ini, khatib mengingatkan kepada diri sendiri dan untuk seluruh hadirin. Boleh saja kita dibenci orang sekampung, asal tidak dibenci oleh Rasulullah. Bahkan boleh saja kita dibenci orang sedunia, asal tidak dibenci oleh Rasulullah. Maka sadarlah bahwa salah satu kriteria orang-orang yang dibenci Nabi Muhammad Rasulullah adalah laki-laki yang tidak shalat berjamaah di masjid.

Karena itu, mulai detik ini mari kita senantiasa berusaha dan bedoa agar selalu dapat memenuhi panggilan-Nya dengan shalat berjamaah di masjid. Firman Allah: “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir” (At Taubah 18).

Baarakallahu lii wa lakum.
Catatan: Teks khutbah Jumat singkat ini bisa berdiri sendiri atau bisa disambung dengan naskah khutbah Jumat sebelumnya. Klik: khutbah Jumat untuk membaca naskah sebelumnya.

ONLINE TRAINING
Dapat diikuti kapan saja dan di mana saja... KLIK DI SINI!