Kontroversi Sejarah Peringatan Maulid Nabi

maulid nabi muhammad sawSejarah peringatan maulid Nabi ini bersumber dari Wikipedia yang berjudul Maulid Nabi Muhammad, dan dikemas dalam bentuk dialog. Tentang peringatan maulid Nabi ini memang ada yang pro dan kontra. Tapi sebagai ummat Islam, kita harus saling menghormati perbedaan pendapat. Kaidah yang berlaku dalam hal ini adalah: “Saling menghargai untuk hal yang berbeda, dan saling mendukung untuk hal yang sependapat.”

Siapakah yang pertama kali merayakan peringatan maulid Nabi?Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, Raja Irbil (wilayah Irak sekarang)

Kapan terjadinya peringatan maulid Nabi tersebut?
Pada awal abad ke 7 tahun Hijriah bulan Rabiul Awal

Bagaimana cara beliau mengadakan peringatan maulid Nabi?
Beliau merayakannya secara besar-besaran dengan mengundang seluruh rakyatnya dan para ulama. Ribuan kambing dan unta disembelih untuk hidangan para hadirin yang akan hadir dalam perayaan Maulid Nabi tersebut.

Siapakah Imam Al-Hafizh Ibn Dihyah?
Penulis sebuah buku tentang Maulid Nabi yang diberi judul “Al-Tanwir Fi Maulid Al-Basyir An-Nadzir”. Karya ini kemudian beliau hadiahkan kepada Sultan Al-Muzhaffar.

Siapakah ulama-ulama yang mendukung peringatan tersebut?
Al-Hafizh Ibn Dihyah (abad 7 H), Al-Hafizh Al-Iraqi (w. 806 H), Al-Hafizh As-Suyuthi (w. 911 H), Al-Hafizh Al-Sakhawi (w. 902 H), SyeIkh Ibn Hajar Al-Haitami (w. 974 H), Al-Imam Al-Nawawi (w. 676 H), Al-Imam Al-Izz ibn Abd Al-Salam (w. 660 H), mantan mufti Mesiryaitu Syeikh Muhammad Bakhit Al-Muthi’i (w. 1354 H), mantan Mufti Beirut Lubnan yaitu Syeikh Mushthafa Naja (w. 1351 H), dan terdapat banyak lagi para ulama besar yang lainnya.

Buku Maulid Nabi

Siapa penulis buku maulid “Husn Al-Maqsid Fi Amal Al-Maulid?”
Al-Imam As-Suyuthi

Bagaimana dengan nama Salahuddin Al-Ayyubi?
Para ahli sejarah, seperti Ibn Khallikan, Sibth Ibn Al-Jauzi, Ibn Kathir, Al-Hafizh Al-Sakhawi, Al-Hafizh Al-Suyuthi dan lainnya telah sepakat menyatakan bahwa orang yang pertama kali mengadakan peringatan maulid adalah Sultan Al-Muzhaffar. Namun juga terdapat pihak lain yang mengatakan bahwa Sultan Salahuddin Al-Ayyubi adalah orang yang pertama kali mengadakan Maulid Nabi.

Terjadi kontroversi sejarah siapa yang pertama kali mengadakan peringatan. Sultan Salahudin, atau Raja Irbil?

Apa tujuan Sultan Salahuddin mengadakan perayaan maulid Nabi?
Untuk membangkitkan semangat umat islam yang telah padam untuk kembali berjihad dalam membela islam pada masa Perang Salib.

Demikianlah sejarah seputar peringatan maulid Nabi Muhammad shollallohu alaihi wassalam yang bersumber dari Wikipedia. Wallohu a’lam | Baca solusi kontroversi peringatan maulid nabi

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking