Agar Puasa Ramadhan Kali Ini Lebih Baik

puasa ramadhan lebih baikBagaiamana agar Puasa Ramadhan kali ini bisa lebih baik? Inilah pertanyaan yang sering muncul menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Artikel kali ini semoga dapat membantu memenuhi keinginan tersebut.

Empat hal yang perlu dilakukan menjelang puasa Ramadhan:
1. Pemanasan dengan puasa sunnah, agar lebih siap
2. Kaji ulang seputrar puasa Ramadhan, agar tumbuh motivasi
3. Buat rencana kegiatan, agar terarah dan maksimal
4. Evaluasi harian, agar ada kendali dalam pelaksanaan rencana
Penjelasan detail di atas dapat anda baca di artikel puasa berjudul: 4 Langkah Urgent Menyambut Ramadhan

Gali Al Quran di Bulan Quran
Bulan puasa Ramadhan disebut juga dengan Bulan Alquran (Syahrul Quran). Disebut demikian, sebab di bulan tersebut AlQuran pertama kali diturunkan. Maka sudah sepantasnya di bulan puasa Ramadhan ini kita tingkatkan pemahaman terhadap Alquran. Pastikan renccana mempelajari Al Quran  seperti maksud poin 3 di atas kita tulis di lembar rencana.

Alquran itu huda linnas (petunjuk bagi manusia). Karenanya, Alquran akan memberikan faedah optimal ketika kita pahami isinya. Tidak sekedar membacanya saja, agar kita tahu petunjuk-petunjuk penting yang Allah berikan dalam Al Quran itu. Ini untuk kepentingan kita di dunia dan kebahagiaan di akhirat kelak.

Tulislah rencana di bulan puasa Ramadhan

poster puasa ramadhanMenyambut bulan puasa Ramadhan, tulislah target yang jelas dan terukur. Misalnya, mempelajari Al Quran 1 juz per hari. Kata mempelajari di sini minimal dengan membaca artinya. Lebih baik jika membaca tafsirnya.

Target yang kita canangkan perlu tertulis. Lebih baik lagi kalau ditempel di rumah kita masing-masing. Manfaatnya, tentu saja agar kita selalu ingat apa yang kita targetkan. Selain itu, bisa memberi motivasi kepada anggota keluarga kita.

Buatlah rencana kegiatan 10 – 20 item di selembar kertas. Klik di sini untuk download formulirnya. Kemudian, bikinlah sebuah poster ukuran A3 (30x50cm) untuk rencana dan target unggulan.

Gambar di samping adalah contohnya…. Poster “Gali Alquran 1 Juz/hari.”

Oya, jangan lupa ajak seluruh anggota keluarga untuk membuat rencana kegiatan Ramadhan dengan formulir yang dapat anda download di atas, kemudian masing-masing bikin poster untuk saling memberikan semangat menyambut bulan puasa Ramadhan.

Semoga kita bisa mengarungi bulan puasa Ramadhan kali ini lebih baik, dengan membuat rencana. Anda sudah membuat rencana?

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking