Pesan Nabi: Perbanyak Doa Puasa Ramadhan Ini!

Doa Puasa Ramadhan – Ada banyak doa yang terkait dengan bulan puasa Ramadhan. Tapi ada doa puasa Ramadhan yang mesti diperbanyak. Hadits Nabi di bawah ini memberi jawaban atas pertanyaan: “Apa doa puasa Ramadhan yang mesti diperbanyak?”

Simak pesan Nabi di bawah ini:
doa puasa ramadhan“Perbanyaklah di bulan ini 4 perkara. Dua perkara dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dua perkara lainnya pasti kamu memerlukannya. Dua perkara yang dapat mendatangkan keridhaan Allah adalah hendaknya kalian membaca kalimat Thayibah dan istighfar sebanyak banyaknya. Dan dua perkara yang kamu memerlukannya yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung dari api neraka Jahannam” (HR Ibnu Khuzaimah).

Doa puasa Ramadhan yang sesuai dengan hadits di atas adalah:

“asyhadu an laa ilaaha illallaah astagfirullah nas’alukal jannata wa naudzubika mina nnaar.”

(Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, ampunilah aku, berilah kami  surga, dan lindungi kami dari api neraka).

Kami ingat betul ketika dulu tinggal di Tegal, menjelang berbuka puasa doa ini dilantunkan di Masjid Agung, dan disiarkan melalui Radio Raka dan radio-radio lainnya. Entah sekarang acara tersebut masih ada atau tidak.

Hampir setiap rumah di kampung saya nyetel radio untuk mendengarkan doa puasa Ramadhan tersebut, sambil nunggu adzan maghrib dari Masjid Agung Tegal.

Asyahadu allaa ilaaha illallah….

Astaghfirullah
Nas alukal jannata
Wa na’udzubika mina naar

Alhamdulillah sekarang bertambah mantap membaca doa puasa Ramadhan tersebut karena ternyata memang itu adalah pesan Rasulullah sebagaimana hadits terebut di atas.

Ringkasan doa puasa Ramadhan

Ringkasnya, doa puasa Ramadhan yang perlu diperbanyak sesuai hadits di atas adalah:
– Tahlil
– Istighfar
– Mohon surga
– Berlindung dari neraka

Secara umum, dalam bulan Ramadhan ini sudah semestinya kita perbanyak doa. Doa apa saja, termasuk doa di atas. Mengapa? Karena bulan Ramadhan adalah bulan doa mustajab, sesuai hadits di bawah ini:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan dimana Allah melimpahkan keberkahan menurunkan rahmat dan mengampuni dosa dosamu, menerima doa doamu…” (HR Thabrani).

“Tiga jenis orang yang doa mereka tiada ditolak adalah, doa orang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi… “ (HR Ahmad).

Itulah keutamaan Ramadhan bagi kita. Mulai hari ini…. Sambil nyetir, sambil nyapu, memasak, tunggu antrian, berdiri, duduk, berbaring, sebelum shalat, setelah shalat… dll kita perbanyak doa puasa Ramadhan sesuai yang dipesankan Nabi tersebut di atas. Silakan share doa ini ke kawan.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking