Teknik Presentasi dalam Pembukaan : Kunci Sukses Bicara

Teknik presentasi ini digunakan untuk anda yang ingin meningkatkan kemampuan public speaking, khususnya untuk memikat audien agar lebih tertarik dengan apa yang anda presentasikan. Untuk karyawan, politisi, guru, ustadz dan siapa saja…. Ayo simak teknik presentasi menarik ini.

Teknik Presentasi dalam Pembukaan

Rumusnya: cukup 20 detik untuk membukanya! Saat anda membuka presentasi di kantor, ceramah agama, pidato, kultum dan lain-lain pastikan tidak menggunakan banyak waktu. Cukup 20 detik saja! Ucapkan salam, basmalah, tahmid shalawat dan sapaan untuk hadirin seperlunya. Ingat…. Jangan terlalu banyak basa-basi, karena hadirin tidak butuh itu.

Contoh pembukaan yang berdurasi 20 detik:
“Assalamu alaikum warahmatullahi wa barokatuh. Bismillah, alhamdulillah, washolatu wassalamu ala rosulillah. Robbisrohlii shodri wa yaasirlii amrii wahlul uqdata millisaani yafqohuu qouli. Hadirin yang berbahagia, saya ada sebuah pertanyaan/cerita menarik….”

Itulah pembukaan singkat padat yang selalu saya gunakan dan saya rekomendasikan untuk anda. Teknik presentasi dalam pembukaan ini sangat vital. Tapi sangat mudah dilakukan, bukan? Semudah membalikkan telapak tangan.

Pembukaan panjang bikin audien ngantuk
teknik presentasi menarikSaya pernah menghadiri sebuah ceramah agama yang pembukaannya lebih dari 10 menit. Ngoler-ngoler amat panjang. Mengapa ini bisa terjadi? Karena doa pembukanya super lengkap. Hamdalah-nya versi lengkap, baca dua kalimat syahadat, shalawat Nabi versi lengkap. Kemudian dilanjut dengan membaca ayat-ayat yang panjang. Setelah itu ditambah baca beberapa hadits.

Lantas banyak menyebut hadirin, misalnya:
“Yang saya muliakan para alim ulama, ustadz, ustadzah, sesepuh, tokoh masyarakat. Yang saya hormati Bapak kepala desa …. kecamatan… kabupaten…. “ Dan seterusnya, hingga hampir semua elemen yang hadir disebutnya.

Abis itu, doa pembukanya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sbb:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan berbagai kenikmatan kepada kita semua. Terutama nikmat iman, Islam dan kesehatan sehingga pada malam hari ini kita bisa sama-sama berkumpul di tempat yang sangat mulia ini di Masjid Nurul Huda yang kita cintai. Semoga kehadiran kita di sini dapat membawa berkah untuk kita semua, aamiin Allohumma aamiin.

Kemudian sholawat dan salam semoga Alloh tetap limpahkan untuk nabi kita Muhammad shollallahu alaihi wassalam, yang telah membawa ajaran lurus untuk kita semua. Juga untuk para sahabatnya dan para pengikutnya termasuk untuk kita yang hadir pada malam hari ini”

Nah, kalau anda membuka presentasi atau ceramah terlalu lama, dapat dipastikan hadirin akan berkurang selera untuk mendengarkan anda. Karena dalam menit-menit pertama anda bicara itulah yang akan menentukan hadirin tertarik tidaknya dengan presentasi atau pidato anda.

Inilah sebuah teknik presentasi dalam pembukaan yang penting untuk anda perhatikan. Jika anda menerapkan satu teknik ini saja, maka efektifitas public speaking anda sudah meningkat. Tentu saja daya tariknya ikut meningkat juga. Ayo coba mulai sekarang…

Klik: contoh ice breaker untuk free download 10 ice breaker menarik yang dapat anda gunakan dalam teknik presentasi menarik.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking