public speaking

Al Quran Tentang Doa, Tata Cara dan Contohnya

ProMutu.com » tentang doa  » dalam al quran

Ayat Ayat Tentang Doa

Berikut ini adalah ayat-ayat Al Quran tentang doa yang penting untuk anda ketahui agar menjadi doa maqbul.

Berdoa itu wajib
Ayat ayat tentang doaDan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku (tidak mau berdoa) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.(QS 40 : 60)

Berdoalah dan penuhi perintah-Nya!

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS. 2 : 186).

Doa adalah sebuah problem solving
“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya)” (QS. 27 : 62).

Tentang doa yang baik: dengan merendahkan diri
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas . (QS 7 : 55)

Berdoalah dengan penuh rasa takut dan harap
Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya  dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. (QS 32 : 16)

Allah lah yang mengabulkan doa
“Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan doa (ibadat) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka” (QS. 13 : 14).

Contoh doa nabi Ibrahim, agar tetap mendirkan shalat
Ya Tuhanku, jadikanlah  aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS 14:40)

Contoh doa harian, tentang doa kebaikan dunia akhirat
Dan di antara mereka ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” . (QS 2 : 201)

Tentang doa nabi Zakariya yang minta anak shaleh
Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”. (QS 3 : 38)

Semoga kajian Islam tentang doa ini dapat memotivasi dan memberi wawasan untuk kita semua.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
public speaking