Masjid Agung Banten, Masjid Bersejarah

ProMutu.com » tentang masjid » masjid bersejarah indonesia

Masjid Bersejarah II

masjid agung banten - masjid bersejarah yang keren dan unikSebelumnya ProMutu.com telah menyuguhkan info tentang masjid Menara Kudus, salah satu masjid bersejarah yang layak diacungkan jempol. Masjid bersejarah lainnya yang tidak kalah istimewa adalah Masjid Agung Banten.

Nama : Masjid Agung Banten
Lokasi : Banten
Pendiri : Sultan Maulana Hasanudin (Putra Sunan Gunung Jati)
Tahun berdiri : 1560 – 1570

Kondisi Masjid
Walau sudah ratusan tahun, masjid bersejarah ini nampak masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Atapnya merupakan atap bersusun lima dengan bagian kiri dan kanannya terdapat masing-masing serambi. Agaknya serambi ini dibangun pada waktu kemudian.

Makam Makam
Didalam serambi kiri, yang merupakan bagian utara dari masjid, terdapat makam-makam dari beberapa sultan Banten dan keluarganya, diantaranya makam Maulana Hasanuddin dan isterinya, Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Abu Nashr Abdul Qahhar. Sedangkan didalam serambi kanan, yang terletak di selatan, terdapat pula makam-makam Sultan Maulana Muhammad, Sultan Zainul ‘Abidin dan lain-lainnya. Pada bagian tangga pada masdjid itu memiliki model menyerupai goa, yang menurut sejarah pembangunannya dilakukan atas bantuan seorang arsitektur asal Mongolia bernama Cek Ban Cut.

Menara Masjid
Pada sisi timur dari masjid bersejarah tersebut terdapat menara yang berdiri dengan ketinggian +/- 30 meter dengan diameter bagian pangkalnya +/- 10 meter. Menara ini dulunya selain sebagai tempat untuk mengumandangkan azan juga digunakan untuk melihat/mengawasi perairan laut. Konon menara ini dibangun semasa kekuasaan Sultan Haji pada tahun 1620 oleh seorang arsitek Belanda, Hendrik Lucazoon Cardeel. Pada waktu itu, Cardeel memang membelot ke pihak Banten, dan kemudian dianugerahi gelar Pangeran Wiraguna.

Di bagian dalam menara tersebut terdapat sebuah tangga untuk menuju bagian atasnya. Tangga tersebut melingkari menara pada bagian tepi dalamnya dengan lorong sempit yang hanya cukup dilewati oleh satu orang saja. Bahkan bila anda memiliki ukuran tubuh yang gemuk/besar, bisa dipastikan tidak akan bisa melewatinya. Dari bagian atas menara ini, kita dapat melihat pemandangan disekitar masjid bersejarah ini termasuk lautan lepas dengan perahu-perahu nelayannya. Jarak antara menara ini dengan pantai tidaklah jauh yakni kurang lebih 1,5 km, sehingga cukup jelas untuk memantau kesibukan di perairan laut banten.

Dikutip dari artikel tentang masjid bersejarah di www.duniamasjid.com

Demikianlah sekilas info tentang Masjid Agung Banten, salah satu masjid bersejarah yang tidak hanya menjadi kebanggan masyarakat Banten, melainkan kebanggaan kita juga, seluruh bangsa Indonesia.

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking