Hanya 150 Peserta

Kajian Islam Seminar Pelatihan Shalat Sempurna
Stiker Motivasi Islam Shalat Berjamaah

Produk Bermutu

Produk Gratis Download Ebook Bagus Buku Bagus Best Seller Penyedia Jasa Internet Training Indonesia

Ready Stock…

Buku baru bagus, Klik di Sini!

dikelola oleh:
IMTRA Training Center
Jl Bambu Apus VIII No.1
Bogor - Indonesia
Produk bermutu toko online muslim
Pembina:
H. Akhmad Tefur, S.Si

Produk Bermutu Gratis

Tentang Masjid Bersejarah di Indonesia

ProMutu.com » tentang masjid » masjid bersejarah

 

Info menarik kali ini adalah tentang masjid bersejarah di Indonesia, di antaranya yaitu:

  • Masjid Menara Kudus
  • Masjid Mantingan
  • Masjid Agung Banten
  • Masjid Sunan Ampel
  • Masjid Sultan Suriansyah
  • Masjid Kesultanan Ternate
  • Masjid Wapauwe
  • Masjid Saka Tunggal

Tentang Masjid Menara Kudus

Tentang masjid bersejarah menara kudusMasjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan sejarah, sebagai bukti proses penyebaran Islam di Tanah Jawa. Bicara tentang masjid Menara Kudus, memang ini tergolong unik karena desain bangunannya, yang merupakan penggabungan antara Budaya Hindu dan Budaya Islam. Sebagaimana kita ketahui, sebelum Islam, di Jawa telah berkembang agama Budha dan Hindu dengan peninggalannya berupa Candi dan Pura. Selain itu ada penyembahan terhadap Roh Nenek Moyang (Animisme) dan kepercayaan terhadap benda-benda (Dinamisme).

 

Masjid Menara Kudus menjadi bukti, bagaimana sebuah perpaduan antara Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Hindu telah menghasilkan sebuah bangunan yang tergolong unik dan bergaya arsitektur tinggi. Sebuah bangunan masjid, namun dengan menara dalam bentuk candi dan berbagai ornamen lain yang bergaya Hindu.

Informasi Produk Gratis Bermutu

 

Menurut sejarah tentang masjid, Masjid Menara Kudus didirikan oleh Sunan Kudus atau Ja’far Shodiq ialah putera dari R.Usman Haji yang bergelar dengan Sunan Ngudung di Jipang Panolan (ada yang mengatakan tempat tersebut terletak di sebelah utara Blora). Sunan Kudus kawin dengan Dewi Rukhil, puteri dari R.Makdum Ibrahim, Kanjeng Sunan Bonan di Tuban. R.Makdum Ibrahim adalah putera R.Rachmad (Sunan Ampel) putera Maulana Ibrahim. Dengan demikian Sunan Kudus adalah menantunya Kanjeng Sunan Bonang. Sunan Kudus selain dikenal seorang ahli agama juga dikenal sebagai ahli ilmu tauhid, ilmu hadist dan ilmu fiqh. Karena itu, diantara kesembilan wali, hanya beliau yang terkenal sebagai “Waliyil Ilmi”.

 

Adapun cara Sunan Kudus menyebarkan agama Islam adalah dengan jalan kebijaksanaan, sehingga mendapat simpati dari penduduk yang saat itu masih memeluk agama Hindu. Salah satu contohnya adalah, Sapi merupakan hewan yang sangat dihormati oleh agama Hindu, suatu ketika kanjeng Sunan mengikat sapi di pekarangan masjid, setelah mereka datang Kanjeng Sunan bertabligh, sehingga diantara mereka banyak yang memeluk Islam. Dan sampai sekarang pun di wilayah Kudus, khususnya Kudus Kulon dilarang menyembelih sapi sebagai penghormatan terhadap agama Hindu sampai dengan saat ini.

 

Dari artikel masjid bersejarah di www.duniamasjid.com
Demikianlah sekilas info tentang masjid Menara Kudus ini. Tunggu info tentang masjid bersejarah lainnya…

 

Untuk input kami, jika anda suka info ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

Comments are closed.

Ebook Gratis Tentang Bacaan Shalat Ebook Gratis! Bumbu, Rahasia Presentasi Menarik Layanan Gratis! 7 Days Mutiara Penyejuk Hati Ebook Gratis! Rahasia Bisnis Online
Produk Unggulan Bermutu Produk Unggulan Bermutu