Inhouse Training

» Formulir Pengajuan

Penulisan Naskah

» Naskah Artikel Blog
» Naskah Landing page
» Naskah Sales letter
» Naskah pidato

Promo by Review

» Review Produk
» Review Blog
» Resensi Buku

Jadwal Training

jadwal training

Produk Bermutu

Produk Gratis Download Ebook Bagus Buku Bagus Best Seller Penyedia Jasa Internet Training Indonesia

Ready Stock…

Buku baru bagus, Klik di Sini!
Stiker Motivasi Islam Shalat Berjamaah

dikelola oleh:
IMTRA Training Center
Jl Bambu Apus VIII No.1
Bogor - Indonesia
Produk bermutu toko online muslim
Pembina:
H. Akhmad Tefur, S.Si

BB 7cc546ee
SMS 0897 332 9 332
No.HP diberikan jika perlu

Tentang Maulid Nabi

Artikel Islam tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Pahami: Arti Maulid Nabi dari Berbagai Segi!

arti maulid nabi muhammad sawApa arti maulid Nabi dari segi bahasa? Arti maulid Nabi dari segi hikmah, tempat dan waktu? Artikel maulid Nabi Muhammad SAW dalam bahasan tentang Maulid Nabi ini akan menjelaskan beberapa pertanyaan tersebut.

 

Arti Maulid Nabi dari Segi Bahasa

Arti maulid ada dua macam yaitu (1) tempat kelahiran dan (2) waktu kelahiran. Dalam tata bahasa Arab, kata maulid merupakan isim makan (tempat) atau isim zaman (waktu). Sedangkan arti maulud adalah yang dilahirkan, merupakan isim maf’ul atau objek (M. Saknan Albali, Lc).

 

Dengan demikian, arti peringatan maulid nabi maksudnya adalah peringatan waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW atau arti lebih luasnya adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sedangkan peringatan maulud nabi berarti peringatan yang dilahirkan (yaitu) Nabi Muhammad SAW. Karena itu, istilah peringatan maulid Nabi dan peringata maulud nabi dua-duanya benar, dan maksudnya sama-sama untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW

 

Arti Maulid Nabi dari Segi Waktu
Continue reading

Kisah Cinta Tulus Sang Nenek untuk Nabi

kisah hikmah tema maulud nabiIni merupakan salah satu kisah tema maulud Nabi yang menarik untuk disampaikan pada ceramah maulud Nabi Muhammad SAW. Kisah teladan untuk kita semua yang mengaku cinta Nabi. Merupakan kisah nyata yang pernah ditulis oleh Jalaluddin Rahmat dalam salah satu buku tema maulud Nabi yang kurang lebih sebagai berikut:

 

Pada jaman dulu di Madura, dikisahkan seorang nenek-nenek pedagang bunga cempaka. Dia berjualan bunga di pasar, setelah jalan kaki lumayan jauh. Habis jualan, dia mampir masjid Agung. Dia ambil wudhu kemudian masuk ke masjid untuk shalat Dhuhur. Usai wirid ala kadarnya, dia ke halaman masjid dan membungkuk-bungkuk. Ternyata dia sedang mengumpulkan daun-daunan yang tercecer di halaman masjid.

 

Lembar demi lembar dipungutnya, tanpa melewatkan selembar pun. Cukup lama dia bersihkan halaman masjid dengan cara begitu. Sementara mentari Madura siang hari amat menyengat. Seluruh tubuhnya basah keringat.

 

Banyak pengunjung masjid jatuh iba kepadanya. Pada suatu hari takmir masjid memutuskan untuk membersihkan dedaunan itu sebelum perempuan tua itu datang.

 

lanjutan kisah tema maulud nabi …
Continue reading

Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW tentang Khasiat Ayat Kursi

kisah teladan nabi muhammad saw dan khasiat ayat kursiInilah Kisah teladan Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari hadits Bukhari. Tentang dahsyatnya khasiat Ayat Kursi. Tentang rahasia yang dibeberkan oleh setan menjelang tidur. Mari kita mempraktekkan resep yang ada dalam kisah teladan Nabi Muhammad yang kurang lebih diriwayatkan dalam hadits Bukhari seperti berikut ini…

 

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW mewakilkan tugas untuk menjaga zakat fitrah Ramadhan kepadaku, kemudian ada seseorang mendekatiku lalu dengan bergegas dia mengambil satu genggam makanan yang dijaga itu. Dan aku pun dengan cepat menangkapnya dan aku katakan bahwasanya aku tidak segan mengadukan perkara ini kepada Rasulullah SAW.

 

Maka dia pun mengeluh, tuturnya: “Saya ini orang miskin yang memiliki banyak beban keluarga, dan saya amat memerlukannya.” Lalu aku lepaskan dia. Pada pagi harinya saya menemua Rasul SAW, dan sabda beliau : “Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan tawananmu tadi malam? Jawab saya : “Dia mengeluh bahwasanya dia melarat, sampai saya tak sampai hati, maka saya lepaskan dia. Sabdanya (Rasulullah): “Dia membohongimu, dan malam nanti dia akan mendatangimu kembali

 

Lanjutan kisah teladan Nabi Muhammad SAW

Continue reading

Terjemahan Barzanji, Buku Sejarah Nabi Muhammad

ProMutu.com » tentang maulid nabi » terjemahan barzanji

 

terjemahan barzanji sejarah maulid nabiIngin tahu terjemahan Barzanji – buku sejarah Nabi Muhammad SAW – yang sering dibaca di bulan Maulid Nabi atau bulan Rabiul Awal ini? Meskipun anda bukan penggemar acara baca barzanji di bulan maulid, ada baiknya anda simak terjemahan Barzanji untuk menambah wawasan.

 

Posting tentang terjemahan Barzanji ini semata-mata hanya untuk pengetahuan. Kami tidak berkompeten untuk menilai seluruh isi dari buku sejarah maulid Nabi ini. Semoga bertambah wawasan. Untuk semangat perdaiaman, baca artikel tentang perbedaan hukum maulid Nabi

 

Terjemahan Barzanji

Aththirillahumma qabrahul kariim bi’arfin syadiyyimin shalaati wataslaim. Allahumaa shalli wasallim wabaarik alaih. Ya Allah, harumkanlah kubur beliau (Nabi Muhammad SAW) yang mulia dengan harum dari limpahan shalawat dan salam. Ya Allah limpahkanlah shalawat, salam dan barakah kepada beliau.

 

Aljannatu wa na’iimuhaa sa’dul lima yushalli wayusallimu wa yubaarik alaih. Surga dan kenikmatannya adalah merupakan suatu kebahagiaan bagi orang yang memohonkan rahmat dan kesejahteraan serta berkah atasnya.

 

Terjemahan Barzanji Bab I (Abtadiul Imlaa)
Continue reading

Pengertian Maulid Nabi, Maulud Nabi dan Milad : Apa Bedanya?

ProMutu.com » tentang maulid » pengertian maulid nabi, maulud dan milad

 

Apa pengertian maulid nabi ? Apa bedanya dengan maulud Nabi? Apa itu milad? Mana penggunaan kata yang benar, peringatan maulid Nabi atau peringatan maulud Nabi?

 

pengertian maulid nabi muhammad sawJika anda masih bingung dengan istilah maulid nabi, maulud nabi dan milad… anda akan segera tahu tentang perbedaan ketiga kata tersebut di sini. Baru saja kami berkonsultasi dengan guru bahasa Arab kami, ustadz Muhammad Saknan Albali, LC. Inilah penjelasan beliau…

 

Maulid, maulud dan milad ketiganya berasal dari kata walada – yalidu.
Arti maulid adalah (1) tempat kelahiran atau (2) waktu kelahiran, karena maulid merupakan isim makan (tempat) atau isim zaman (waktu). Sedangkan arti maulud adalah yang dilahirkan, merupakan isim maf’ul (objek). Kemudian, arti milad adalah kelahiran (isim masdar, keterangan benda yang bersifat abstrak). Milad sering digunakan sebagai pengganti kata ulang tahun untuk orang atau organisasi.

 

Mana istilah yang benar, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW atau peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW? Jawabnya: “keduanya benar!” Demikian tutur ustadz M Saknan Albali, Lc ketika dikonfirmasi melalui telpon pagi ini. Mengapa keduanya benar? Tentu karena keduanya tidak salah… Simak penjelasan berikut.

 

Pengertian Maulid Nabi

Continue reading

Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

tentang maulid nabi » hikmah maulid nabi muhammad saw

 

Ceramah hikmah maulid Nabi Muhammad SAW yang patut kita simak.

 

ceramah hikmah maulid nabi muhammad sawPuji syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta’ala yang telah menurunkan Muhammad SAW sebagai Rasul akhir zaman. Shalawat dan salam semoga terlimpah untuk beliau. Teriring doa semoga kita selalu mampu menjadikan Nabi Muhammad sebagai super idola dan panutan utama sepanjang hayat.

 

Dalam sejarah telah banyak dilahirkan tokoh hebat yang telah menjadi titik balik suatu perubahan. Tokoh perubahan yang paling hebat sepanjang sejarah adalah Nabi Muhammad SAW.

 

Di Indonesia ada budaya peringatan maulid Nabi : event yang dimanfaatkan untuk “menghidupkan” idola lewat pembacaan kembali lembaran-lembaran sejarah Nabi Muhammad. Dalam dunia Islam, Nabi Muhammad mestinya adalah super idol bagi setiap generasi muslim sepanjang masa. Sayangnya, dalam proses gesekan budaya dan rentang masa yang panjang, keidolaan Muhammad terkadang tereduksi menjadi tokoh non empirik.

 

Tradisi peringatan maulid nabi Muhammad SAW memang masih diperdebatkan soal boleh-tidaknya. Perdebatan yang sesungguhnya hanya pada level kulit; bentuk dan cara, bukan pada esensi “spiritualitas sejarah” dan “penghadiran ulang ketokohan” yang diupayakan lewat tradisi tersebut. Peringatan maulid Nabi berati berusaha menghadirkan kembali sosok ketokohan baginda Nabi,

 

lanjutan hikmah maulid nabi muhammad saw
Continue reading

Tips dan Trik Pidato Maulud Nabi yang Menarik

ProMutu.com » tentang maulid nabi » contoh pidato maulud nabi

 

Untuk membuat pidato maulud Nabi Muhammad SAW yang menarik, berikut kami sajikan beberapa tips dan triknya.

 

Pidato Maulud Nabi Muhammad SAW yang menarik

contoh pidato maulud nabi muhammad sawBukalah dengan ice breaker (bumbu pidato) di awal pidato anda. Kunci sukses pidato maulud Nabi anda adalah di menit-menit pertama anda mengawali pidato. Para hadirin tertarik dengan pidato anda atau tidak sangat tergantung dari pembukaan pidato anda.

 

Ice breaker dapat berupa kisah hikmah, humor, pertanyaan menarik, fakta mengejutkan atau kisah yang menyentuh. Contoh ice breaker kisah hikmah yang dapat anda gunakan dalam pembukaan pidato maulud Nabi Muhammad SAW misalnya:
-    Kisah Nabi SAW yang sangat menghormati istrinya «- klik!
-    Kisah Nabi SAW menarik untuk pidato maulid nabi «- klik!
Kedua kisah hikmah tersebut sangat menyentuh hati. Sangat cocok untuk pembuka pidato maulud Nabi anda agar para hadirin terkesan. Klik: contoh ice breaker untuk mendapatkan free 10 contoh pembukaan pidato lainnya.

 

Setelah anda berhasil memikat hadirin melalui pembukaan yang menarik, anda lanjutkan dengan menyampaikan tema utamanya (isi pidato Maulud Nabi).

 

Continue reading

Kisah Nabi SAW : Rumah Tangga Sakinah

ProMutu.com » tentang maulid nabi » kisah nabi saw

 

Sebuah kisah Nabi SAW yang luar biasa dan mengharukan! Inilah bacaan wajib untuk kita menuju rumah tangga sakinah. Kisah ini cocok disampaikan dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di bulan Maulid ini. Salah satu kisah Nabi SAW yang benar-benar patut menjadi uswatun hasanah bagi kita semua.

 

Simak kisah Nabi SAW …

kisah nabi saw pada peringatan maulid nabi muhammad sawSuatu hari, Nabi SAW kembali dari medan jihad fi sabilillah, diiringi oleh para sahabatnya. Sampai depan gerbang kota Madinah tampak istri nabi, Aisyah sudah menunggunya. Rindu pada suaminya, NabiSAW sudah sangat terasa. Akhirnya Nabi SAW beserta rombongan sampailah di kota Madinah. Aisyah dengan gembira menyambut kedatangan suami tercinta.

 

Tibalah Nabi Muhammad SAW di rumah untuk istirahat melepas lelah. Aisyah di rumah tengah sibuk membuat minuman untuk Nabi SAW, sang suami. Kemudian minuman itu pun diberikan kepada Nabi SAW. Beliau meminumnya perlahan sampai hampir menghabiskan minuman yang dibuat istrinya itu. Tiba-tiba Aisyah berkata “Yaa Rasulullah biasanya engkau memberi sebagian minuman untukku, tapi mengapa hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

 

lanjutan kisah nabi saw …
Continue reading

Kumpulan Puisi Maulid Nabi Muhammad SAW

ProMutu.com » tentang maulid nabi » kumpulan puisi maulid nabi

 

Puisi Maulid Nabi Muhammad SAW I

 

kumpulan puisi maulid nabi muhammad sawYa Rosululloh..
Yang selalu berada di hati
Mengikis setiap dukalara
Pengobat rapuhnya jiwa

 

Berikan terangnya cahaya
Dalam hidup nan gelap gulita
Berikan arah di setiap langkah

 

Puisi Maulid Nabi Muhammad SAW II
Ya Rosululloh
Akhlakmu yang termat mulia
Santunnya dirimu pada sesama
Kejujuranmu dalam tutur kata
Sungguh engkaulah manusia sempurna

 

Engkaulah teladan umat manusia
Hadirmu slalu hangatkan suasana
Engkau adalah utusan-Nya yang paling mulia

 

Puisi Maulid Nabi Muhammad SAW III
Continue reading

Contoh Proposal Maulid Nabi Terobosan Baru

ProMutu.com » tentang maulid nabi  » proposal maulid nabi

 

Mau bikin proposal maulid Nabi yang lain dari biasanya? Copy paste aja dari sini… Kemudian sesuaikan dengan kondisi di tempat anda. Pastikan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw kali ini lebih greget dan banyak manfaat. Inilah contoh yang sesuai dengan maksud tersebut.

 

Proposal Maulid Nabi Muhammad Saw

Latar Belakang
proposal maulid nabi muhammad sawNabi Muhammad SAW ialah manusia paling berjasa untuk kita. Karena beliaulah, kita memeluk Islam yang merupakan kendaraan satu-satunya untuk masuk surga. Beliaulah yang menuntun seluruh umat manusia menuju jalan yang benar. Berkat perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman hidayah.

 

Betapa luar biasa jasa Nabi Muhammad saw kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Maka sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau.

 

Salah satu cara menunjukkan kecintaaan kita pada baginda nabi adalah melalui peringatan maulid nabi. Tentu saja tidak hanya untuk mengenang kelahiran Nabi, tapi untuk menggali semangat cinta Nabi dan semangat mencontoh Nabi.

 

Semangat mencontoh Nabi yang paling utama adalah dalam hal shalat, karena shalat adalah amal yang pertama dihisab. Sudahkah shalat kita benar-benar telah mencontoh Nabi, sudah istiqamah shalat berjamaah di masjid dan sudah khusyu? Peringatan Maulid Nabi tahun ini semoga dapat menjadi solusi untuk ini semua.

 

Nama Kegiatan
Continue reading

Tema Maulid Nabi Paling Direkomendasikan

ProMutu.com » tentang maulid nabi  » tema maulid nabi

 

tema maulid nabi muhammad sawBerikut ini adalah beberapa pilihan tema maulid Nabi yang paling kami rekomendasikan untuk anda. Dasar penetapan tema maulid Nabi adalah dari kata kunci tentang tema maulid Nabi yang kami ambil dari Google. Rekomendasi ini dibagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

 

Tema Maulid Nabi untuk Ceramah
Jika anda bertugas untuk memberikan ceramah atau pidato maulid nabi, berikut beberapa tema yang kami rekomendasikan:

  • Sejarah lahir Nabi Muhammad SAW
  • Sejarah hidup Nabi Muhammad
  • Sejarah Maulid Nabi
  • Kisah rumah tangga sakinah Nabi
  • Kisah kisah teladan Nabi
  • Keluhuran akhlak Nabi

Tema Maulid Nabi untuk Blogging

Continue reading