Category Archives: Tentang Maulid Nabi

Artikel Islam tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Pahami: Arti Maulid Nabi dari Berbagai Segi!

arti maulid nabi muhammad sawApa arti maulid Nabi dari segi bahasa? Arti maulid Nabi dari segi hikmah, tempat dan waktu? Artikel maulid Nabi Muhammad SAW dalam bahasan tentang Maulid Nabi ini akan menjelaskan beberapa pertanyaan tersebut.

 

Arti Maulid Nabi dari Segi Bahasa

Arti maulid ada dua macam yaitu (1) tempat kelahiran dan (2) waktu kelahiran. Dalam tata bahasa Arab, kata maulid merupakan isim makan (tempat) atau isim zaman (waktu). Sedangkan arti maulud adalah yang dilahirkan, merupakan isim maf’ul atau objek (M. Saknan Albali, Lc).

 

Dengan demikian, arti peringatan maulid nabi maksudnya adalah peringatan waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW atau arti lebih luasnya adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sedangkan peringatan maulud nabi berarti peringatan yang dilahirkan (yaitu) Nabi Muhammad SAW. Karena itu, istilah peringatan maulid Nabi dan peringata maulud nabi dua-duanya benar, dan maksudnya sama-sama untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW

 

Arti Maulid Nabi dari Segi Waktu
Continue reading

Kisah Cinta Tulus Sang Nenek untuk Nabi

kisah hikmah tema maulud nabiIni merupakan salah satu kisah tema maulud Nabi yang menarik untuk disampaikan pada ceramah maulud Nabi Muhammad SAW. Kisah teladan untuk kita semua yang mengaku cinta Nabi. Merupakan kisah nyata yang pernah ditulis oleh Jalaluddin Rahmat dalam salah satu buku tema maulud Nabi yang kurang lebih sebagai berikut:

 

Pada jaman dulu di Madura, dikisahkan seorang nenek-nenek pedagang bunga cempaka. Dia berjualan bunga di pasar, setelah jalan kaki lumayan jauh. Habis jualan, dia mampir masjid Agung. Dia ambil wudhu kemudian masuk ke masjid untuk shalat Dhuhur. Usai wirid ala kadarnya, dia ke halaman masjid dan membungkuk-bungkuk. Ternyata dia sedang mengumpulkan daun-daunan yang tercecer di halaman masjid.

 

Lembar demi lembar dipungutnya, tanpa melewatkan selembar pun. Cukup lama dia bersihkan halaman masjid dengan cara begitu. Sementara mentari Madura siang hari amat menyengat. Seluruh tubuhnya basah keringat.

 

Banyak pengunjung masjid jatuh iba kepadanya. Pada suatu hari takmir masjid memutuskan untuk membersihkan dedaunan itu sebelum perempuan tua itu datang.

 

lanjutan kisah tema maulud nabi …
Continue reading

Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW tentang Khasiat Ayat Kursi

kisah teladan nabi muhammad saw dan khasiat ayat kursiInilah Kisah teladan Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari hadits Bukhari. Tentang dahsyatnya khasiat Ayat Kursi. Tentang rahasia yang dibeberkan oleh setan menjelang tidur. Mari kita mempraktekkan resep yang ada dalam kisah teladan Nabi Muhammad yang kurang lebih diriwayatkan dalam hadits Bukhari seperti berikut ini…

 

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW mewakilkan tugas untuk menjaga zakat fitrah Ramadhan kepadaku, kemudian ada seseorang mendekatiku lalu dengan bergegas dia mengambil satu genggam makanan yang dijaga itu. Dan aku pun dengan cepat menangkapnya dan aku katakan bahwasanya aku tidak segan mengadukan perkara ini kepada Rasulullah SAW.

 

Maka dia pun mengeluh, tuturnya: “Saya ini orang miskin yang memiliki banyak beban keluarga, dan saya amat memerlukannya.” Lalu aku lepaskan dia. Pada pagi harinya saya menemua Rasul SAW, dan sabda beliau : “Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan tawananmu tadi malam? Jawab saya : “Dia mengeluh bahwasanya dia melarat, sampai saya tak sampai hati, maka saya lepaskan dia. Sabdanya (Rasulullah): “Dia membohongimu, dan malam nanti dia akan mendatangimu kembali

 

Lanjutan kisah teladan Nabi Muhammad SAW

Continue reading