jadwal training

Inhouse Training

» Formulir Pengajuan

Penulisan Naskah

» Naskah Artikel Blog
» Naskah Landing page
» Naskah Sales letter
» Naskah pidato

Promo by Review

» Review Produk
» Review Blog
» Resensi Buku

Produk Bermutu

Produk Gratis Download Ebook Bagus Buku Bagus Best Seller Penyedia Jasa Internet Training Indonesia

Ready Stock…

Buku baru bagus, Klik di Sini!
Stiker Motivasi Islam Shalat Berjamaah

dikelola oleh:
IMTRA Training Center
Jl Bambu Apus VIII No.1
Bogor - Indonesia
Produk bermutu toko online muslim
Pembina:
H. Akhmad Tefur, S.Si

BB 7cc546ee
WA/SMS 0897 332 9332
No.HP diberikan jika perlu
Info Training

Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

tentang maulid nabi » hikmah maulid nabi muhammad saw

 

Ceramah hikmah maulid Nabi Muhammad SAW yang patut kita simak.

 

ceramah hikmah maulid nabi muhammad sawPuji syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta’ala yang telah menurunkan Muhammad SAW sebagai Rasul akhir zaman. Shalawat dan salam semoga terlimpah untuk beliau. Teriring doa semoga kita selalu mampu menjadikan Nabi Muhammad sebagai super idola dan panutan utama sepanjang hayat.

 

Dalam sejarah telah banyak dilahirkan tokoh hebat yang telah menjadi titik balik suatu perubahan. Tokoh perubahan yang paling hebat sepanjang sejarah adalah Nabi Muhammad SAW.

 

Di Indonesia ada budaya peringatan maulid Nabi : event yang dimanfaatkan untuk “menghidupkan” idola lewat pembacaan kembali lembaran-lembaran sejarah Nabi Muhammad. Dalam dunia Islam, Nabi Muhammad mestinya adalah super idol bagi setiap generasi muslim sepanjang masa. Sayangnya, dalam proses gesekan budaya dan rentang masa yang panjang, keidolaan Muhammad terkadang tereduksi menjadi tokoh non empirik.

 

Tradisi peringatan maulid nabi Muhammad SAW memang masih diperdebatkan soal boleh-tidaknya. Perdebatan yang sesungguhnya hanya pada level kulit; bentuk dan cara, bukan pada esensi “spiritualitas sejarah” dan “penghadiran ulang ketokohan” yang diupayakan lewat tradisi tersebut. Peringatan maulid Nabi berati berusaha menghadirkan kembali sosok ketokohan baginda Nabi,

 

lanjutan hikmah maulid nabi muhammad saw

Informasi Produk Gratis Bermutu

Kehadiran sejarah Rasulullah menjadi inspirasi paling sempurna bagi seorang muslim dalam menjalani apapun dalam realitas hidupnya. Shalahudin al-Ayyubi, panglima agung muslimin dan teman perjuangan Muzhaffar dalam Perang Salib, menggunakan tradisi pembacaan sejarah Nabi sebagai strategi untuk menggedor motivasi pasukannya. Ada sisi-sisi sejarah Nabi yang memberikan gambaran sempurna sebuah jiwa heroik dan ksatria. Maka, al-Ayyubi meletakkan Rasulullah sebagai idola militer tentara melalui tradisi pembacaan sejarahnya.

 

Al-Ayyubi memenangkan Perang Salib, mengusir mereka dari Al-Quds dan daerah-daerah muslimin yang lain--mungkin salah satunya berkat pengidolaan sejarah dan motivasi historik yang terus ditanamkan dalam ruang pikiran, jiwa dan pandangan hidup mereka.

 

ceramah hikmah maulid nabi muhammad sawSejarah dibaca memang untuk melahirkan tokoh di masa lampau. Ini menjadi salah satu filosofi dari displin sejarah itu sendiri. Dalam tradisi maulid kita, hal itu sangat kental. Bahkan, tidak hanya melahirkan tapi juga menyegarkan kembali bahwa hanya ada satu tokoh kunci dan super idol dalam keyakinan kita, yakni Nabi Muhammad saw.

 

Hikmah Maulid Nabi Muhammad saw

Menciptakan idola dari tokoh sejarah adalah hal yang cukup sulit. Tokoh sejarah hanya digambarkan dalam bentuk cerita-cerita, tidak bersentuhan secara empirik dengan realitas yang sedang kita alami. Gambaran dalam sejarah tidak sekongkrit ketika seseorang secara langsung bertemu atau merasakan sendiri bagaimana sepak terjang tokoh itu. Diperlukan penciptaan momen yang tepat agar sejarahnya hadir, menyentuh dan meninggalkan pengaruh semi-empirik terhadap seseorang.

 

Di sinilah, peringatan sejarah secara serentak seperti Maulid Nabi menemukan urgensitasnya yang paling esensial. Seseorang lebih mudah mencintai ayah, ibu, saudara atau temannya daripada mencintai Rasulullah, karena ada interaksi langsung dengan mereka. Lebih mudah mengidolakan tokoh yang berada di sekeliling kita daripada mengidolakan tokoh sejarah seperti Rasulullah saw. Kita bisa bersentuhan langsung dengan kiprah dan kepribadian orang-orang yang berada di sekeliling kita. Mereka lebih mudah mengisi ruang pikiran dalam hidup kita daripada tokoh sejarah.

 

Keyakinan terhadap tokoh sejarah menjadi salah satu bagian paling inti dari agama. Dalam al-Durr al-Mantsur, al-Suyuthi menyebutnya sebagai keimanan terhadap al-ghayb dalam arti tidak hadir dalam realitas hidup. Kepercayaan terhadap al-ghayb ini merupakan point pokok dari religiusitas seseorang.

 

Makna Maulid Nabi yang dalam dunia kita terus diperingati setiap tanggal kelahiran beliau bukan lagi sebuah kesemarakan seremonial, tapi sebuah momen spiritual untuk mentahbiskan beliau sebagai figur tunggal yang mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup kita.

 

Dalam maulid kita tidak sedang membikin sebuah upacara, tapi perenungan dan pengisian batin agar tokoh sejarah tidak menjadi fiktif dalam diri kita, tapi betul-betul secara kongkrit tertanam, mengakar, menggerakkan detak-detak jantung dan aliran darah ini.

 

Maka seperti al-Ayyubi yang menghadirkan Nabi Muhammad di medan perang kita mesti menghadirkan beliau dalam ruang hidup yang lain. Tidak hanya dalam bentuk cerita-cerita yang mengagumkan, tapi juga semangat keteladanan dalam menjalani realitas hidup ini.

 

Demikianlah salah satu bahan ceramah hikmah maulid nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat.
Kutipan dari artikel tentang hikmah maulid Nabi amriawan.blogspot.com

Untuk input kami, jika anda suka info ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

Comments are closed.

Ebook Gratis Tentang Bacaan Shalat Ebook Gratis! Bumbu, Rahasia Presentasi Menarik Layanan Gratis! 7 Days Mutiara Penyejuk Hati Ebook Gratis! Rahasia Bisnis Online
Produk Unggulan Bermutu Produk Unggulan Bermutu