Doa Nabi Muhammad SAW : Contoh Doa Ma’tsur

Yang dimaksud dengan doa Nabi Muhammad saw adalah doa yang pernah dicontohkan oleh beliau. Dengan demikian, doa Nabi Muhammad saw adalah doa yang redaksinya terdapat dalam hadits. Ini disebut juga dengan doa ma’tsur. Doa ma’tsur adalah doa yang redaksinya tertulis dalam Al Quran atau Hadits. Sudah pasti, doa ma’tsur ini redaksinya lebih baik ketimbang kita membuat doa sendiri.

 

Contoh Doa Nabi Muhammad SAW

1. Sayidul Istighfar

Inilah redaksi sayidul istighfar, doa Nabi Muhammad saw yang luar biasa:

sayidul istighfar doa nabi muhammad saw

Sayidul Istighfar

Arti dan Keutamaan:
Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku denganMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan (apa) yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu (yang diberikan) kepadaku dan aku mengakui dosaku. Karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

Secara bahasa sayidul istighfar artinya rajanya istighfar. Maksudnya doa minta ampunan yang paling top! Tentang sayidul istighfar ini nabi pernah menjelaskan khasiat, cara baca dan waktu membacanya:

 

“Barangsiapa membacanya dengan yakin di waktu pagi lalu ia meninggal sebelum masuk waktu sore, maka ia termasuk ahli surga. Dan barangsiapa membacanya dengan yakin di sore hari lalu ia meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk ahli surga” (HR Bukhari, Ahmad, Nasai)

Dari hadits tersebut, kita ketahui bahwa:

  • Fadilah doa Nabi Muhammad saw ini (sayidul istighfar) dapat menjadikan kita termasuk ahli surga.
  • Dibaca pagi dan sore hari dengan penuh keyakinan.

 

2. Kafaratul Majlis

Contoh lain dari doa Nabi Muhammad saw adalah doa yang redaksinya diriwayatkan oleh Tirmidzi dkk. Inilah bunyi hadits lengkapnya:

 

“Barangsiapa duduk dalam satu majelis, lalu ada kekeliruan dan banyak kesalahan, kemudian sebelum ia bangkit dari majelis itu ia membaca … (doa di bawah ini) maka Allah akan menghapus kesalahannya yang terjadi di majelis tersebut” (HR Tirmidzi, Nasai, Ibnu Hibban, Al Hakim).

 

kafaratul majelis doa nabi muhammad saw

Doa Kafaratul Majelis

Maha suci Engkau ya Allah, aku memujiMu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepadaMu.

 

promutu.com » tentang nabi muhammad » doa nabi muhammad saw

 

Nah, itulah dua contoh doa Nabi Muhammad saw yang perlu kita hafalkan dan ketahui artinya. Tentu saja untuk kita amalkan secara rutin. Untuk mempertajam doa kita, klik:  Doa Maqbul

 

Untuk input kami, jika anda suka info ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M