Category Archives: Bersemi

Artikel menarik pendek, terbit setiap Senin dan Kamis dikirim ke WA. Mau join? Ketik Reg Bersemi, Nama, kirim ke 0897 332 9 332

030 – Ayat Ayat Rizki

Artikel Bersemi edisi-30 membahas ayat ayat tentang rizki agar hati kita tenteram, optimis dan positif.

Jangan bersedih tentang rizki, karena Allah menjamin rizki setiap makhluk sebagaimana tertuang dalam ayat tentang rizki sebagai berikut:

Ayat Tentang Rizki

 “Tiada satu pun yang melata di bumi, kecuali dipenuhi rizkinya oleh Allah“ (QS Hud: 6)

Namun demikian, ada 4 hal yang perlu kita perhatikan terkait dengan rizki, yaitu:

Usaha
Manusia harus mengoptimalkan usaha untuk memperbaiki nasibya.

“Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya” (AR-Ra’ad 11).

Dekat pada Allah
Continue reading 030 – Ayat Ayat Rizki

029 – Fadilah Sedekah dan Urgensinya

Fadilah SedekahArtikel menarik Bersemi edisi-29 ini merupakan kelanjutan edisi sebelumnya tentang rahasia kekuatan sedekah pagi yang luar biasa. Mari simak beberapa fadilah sedekah ini…

Fadilah Sedekah

1. Pahala alam kuburmu jauh lebih besar
Sebuah hadits riwayat Muslim menyebutkan bahwa amal yang pahalanya terus mengalir meski kita telah wafat, antara lain sedekah jariyah. Maka boleh jadi, pahala yang kita peroleh setelah meninggal (pahala selama di alam kubur) jauh lebih besar dibanding pahala yang kita dapatkan semasa hidupnya.

Jika hidup kita hanya 60 tahun, dan jarak kematian kita (di alam kubur) sampai hari kiamat misalnya 60.000 tahun (wallahu a’lam). Maka selama 60.000 tahun itulah insya Allah pahala sedekah kita akan terus mengalir. Itulah fadilah sedekah jariyah yang luar biasa.

Maka bisa jadi pahala yang kita peroleh di alam kubur jauh lebih besar dibanding pahala yang kita dapatkan semasa hidup di sunia yang cuma beberapa saat.

2. Sedekah itu “tiket” masuk surga
Continue reading 029 – Fadilah Sedekah dan Urgensinya

028 – Rahasia Kekuatan Sedekah Pagi & Bahayanya Bagi…

Sedekah Pagi – Sedekah itu tidak hanya tiap bulan setelah gajian. Bukan juga tiap pekan saat shalat Jumat. Sedekah itu semestinya tiap hari… tepatnya setiap pagi hari. Inilah yang disebut dengan sedekah pagi. Mengapa?

Coba cermati hadits manfaat sedekah berikut ini. Perhatikanlah dahsyatnya dampak sedekah pagi dan bahaya yang mengancamnya jika kita abaikan.

“Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhari)

Karenanya, jika kita ingin setiap pagi didoakan kebaikan oleh malaikat maka kita harus rutin setiap hari melakukan sedekah pagi. Jika tidak, maka kita akan mendapatkan “kutukan” dari malaikat sebagaimana disebut dalam hadits di atas. Sebagai mukmin, kita harus percaya hadits ini dan mengamalkannya.

Cara Sedekah Pagi

Mungkin ada yang bertanya, “Bagaimana cara sedekah setiap pagi, bukankah kita belum bertemu orang yang membutuhkan dan belum ketemu keropak?”

Yes…., solusinya adalah: Bikin keropak di rumah masing-masing! Setiap pagi, isi keropak tersebut dengan niat bersedekah. Anda bisa buka keropak setiap bulan atau setiap setengah bulan atau tiap pekan. Kemudian serahkan hasilnya ke yang membutuhkan, terutama untuk kerabat. Disalurkan ke masjid, lembaga pendidikan atau tempat lain. Bisa juga untuk dakwah motivasi shalat berjamaah bersama GPKSB.

Ajak Seluruh Keluarga, Perhatikan Dahsyatnya!
Continue reading 028 – Rahasia Kekuatan Sedekah Pagi & Bahayanya Bagi…

027 – Orang Paling Cerdas Menurut Islam

Bismillah
Artikel menarik bernomor 27 ini merupakan edisi perdana Program Bersemi (Berbagi Artikel Senin Kamis) yang dirintis oleh Akhmad Tefur, IMTRA Training Center. Silakan ketik : “Reg Bersemi, Nama Anda” kirim ke 0897 332 9 332 (WA) untuk berlangganan artikel ke WA anda (free).

Siapa yang paling cerdas di Indonesia? Kemungkinan besar anda jawab Pak Prof. Dr. Habibie! Betul?

Orang awam akan membenarkan jawaban anda. Namun Nabi Muhammad, punya kriteria lain tentang siapa orang yang paling cerdas.

Nabi suatu hari pernah ditanya, “Siapakah orang yang paling cerdas?” Ternyata jawaban beliau bukan orang yang IQ-nya tinggi. Bukan pula orang yang berpendidikan tinggi…. Juga bukan orang yang memiliki prestasi tinggi. Anda ingin tahu jawabannya? Simak hadits di bawah ini:

Continue reading 027 – Orang Paling Cerdas Menurut Islam