Pengaruh Broken Link, Cara Mengatasi dan Cara Mencegahnya

broken link pengaruh dan cara mengatasiBroken link adalah link yang kalau diklik tidak ada isinya. Biasanya akan muncul pesan “Tidak ditemukan” pada layar Anda. Broken link terjadi umumnya karena: (1) Alamat URL (link) telah dirubah (2) Halaman yang dilink telah dihapus, atau (3) Website yang dilink sudah tidak aktif.

Selain sebab-sebab di atas, bisa jadi karena Anda salah menuliskan alamat URL link.

Yang sering saya temukan, broken link terjadi karena alasan ke-3 yaitu karena website yang dilink sudah tidak aktif lagi.

Pengaruh Broken Link

Broken link menyebabkan pengaruh buruk untuk mesin pencari seperti Google, Bing dan sebagainya. Semakin banyak broken link, semakin tidak disukai oleh mesin pencari. Ini artinya pengunjung website berkurang.

Selain mesin pencari, broken link juga tentu saja tidak disukai manusia. Jika Anda klik sebuah link atau tautan tapi ternyata tidak ada isinya…. menyebalkan, kan?

Cara Mengatasi Broken Link

Pertama, Anda harus cari dulu broken link yang ada dalam website Anda. Gunakan broken link checker gratis seperti brokenlinkcheck .com atau yang lainnya. Silakan Anda cari di Google dengan kata kunci: broken link checker gratis untuk memilihnya. Anda perlu coba beberapa pilihan, karena masing-masing broken link checker memiliki keunggulan yang berbeda.

Tips memilih broken link checker

Gunakan broken link yang dapat memberikan informasi:

  1. Lokasi broken link
    Yaitu halaman di website Anda yang mengandung broken link
  2. Alamat URL link yang rusak
    Yaitu alamat URL yang tidak bisa diakses (not found)

Cara Memperbaiki Broken Link

Setelah Anda menemukan lokasi halaman Anda yang mengandung broken link, kunjungi halamat tersebut dan temukan link yang rusak sesuai hasil pencarian broken link di atas. Kemudian gantilah link yang rusak itu dengan link baru yang masih aktif.

Cara Mencegah Broken Link

Setelah Anda perbaiki broken link, selanjutnya agar website Anda terhindar dari adanya broken link silakan lakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan merubah URL dalam website Anda. Ini untuk mencegah adanya internal link broken.
  • Jangan nge-link ke sembarang website. Sebab, kalau web yang Anda link itu bangrut, maka Anda akan panen broken link
  • Pastikan tidak salah dalam menuliskan URL link
  • Jangan membuka kolom komentar. Sebab, pengalaman saya… Banyak sekali broken link yang berasal dari komentar yang ditulis oleh pengunjung website.

Itulah penjelasan pengaruh broken link, cara mengatasi dan cara mencegah – Semoga bermanfaat.