Apa Tema Wajib dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad?

peringatan maulid Nabi MuhammadDalil yang sering muncul dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah “Sesungguhnya dalam diri Rasulullah adalah teladan yang baik bagimu… “ (QS Al Ahzab 21). Dari dalil inilah sang penceramah memaparkan tentang pentingnya kita meneladani nabi. Mulai dari cara tidurnya nabi, cara makannya nabi, pergaulan nabi, sikap nabi terhadap keluarga, kearifan nabi dalam memutuskan perselisihan, kehidupan nabi dalam menjaga kebersihan, dll.

Dari tema-tema tersebut, manakah yang menurut anda merupakan tema primer yang wajib didahulukan? Apakah tentang cara tidur Nabi Muhammad, cara makannya nabi, atau teladan nabi lainnya?

Maaf, besar kemungkinan jawaban anda tidak beda dengan yang lain. Dan jawaban tersebut menurut kami bukanlah tema primer. Tema primer yang paling penting dalam peringatan maulid Nabi adalah bukan tentang cara makannya nabi, cara komunikasi nabi atau cara nabi lainnya yang sering kita dengar.

Dalam peringatan maulid Nabi, tema primernya adalah tentang Shalat Nabi. Tema inilah yang harus menjadi prioritas untuk kita teladani. Sebagaimana sabda nabi, “Shalatlah engkau seperti engkau melihat aku shalat” (HR Bukhari, Muslim).

Jika Anda belum pernah belajar tentang hadits-hadits shahih yang berkaitan dengan seluruh bacaan dan gerakan shalat, maka cara shalat anda patut diragukan kebenarannya.

Jika Anda setuju ada Quality Control (QC) di pabrik, atau proses kalibarasi di laboratorium, maka satu-satunya yang paling penting untuk di-QC dan dikalibrasi adalah cara shalat Anda.

Ingat, shalat adalah perkara pertama yang dihisab di hari kiamat. Jangan sampai kita baru mengetahui shalat kita keliru saat shalat kita dihisab. Mumpung masih hidup, sekaranglah waktu yang tepat untuk memperbaiki shalat kita.

Berdasarkan pengalaman kami, banyak orang yang tadinya tidak merasa perlu ikut kajian khusus ini (tentang cara shalat Nabi), tapi mereka akhirnya merasa baru bangun dari tidur panjangnya.

Nah, pernahkah peringatan maulid Nabi Muhammad di tempat anda membahas tema primer ini (cara shalat nabi)? Kalau belum, anda harus segera melaksanakannya.

Baca juga: Training Shalat Sempurna (Shalat Nabi + Shalat Jamaah + Shalat Khusyu)

Tema-tema peringatan maulid Nabi Muhammad lainnya yang membahas tentang pergaulan nabi dan sejenisnya sebaiknya menjadi prioritas sekunder.