7 Info Penting Seputar Tahun Hijriah

ProMutu.com » tahun hijriah

Berikut ini adalah sajian 7 informasi seputar tahun Hijriah yang perlu anda ketahui.

Tahun hijriahTahun Hijriah

Umat Islam memiliki perhitungan tahun tersendiri yang disebut Tahun Hijriah atau Tahun Islam. Perhitungan tahun Hijriah ini dimulai ketika Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah.

tahun baru hijriahBulan Bulan dalam Tahun Hijriah
Tahun Hijriah terdiri tas 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29 – 30 hari. Adapun nama-nama bulan Hijriah adalah sebagai berikut:
1. Muharram
2. Shafar

3. Rabiul Awal
4. Rabiul Akhir
5. Jumadil Awal
6. Jumadil Akhir
7. Rajab
8. Syaban
9. Romadhon
10. Syawal
11. Dzul Qaidah
12. Dzul Hijjah

tahun baru islamMengapa Tahun Hijriah 12 Bulan?
Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman Allah SWT, “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (At Taubah : 36)..

hari besar islamDasar Perhitungan
Perhitungan tahun Hijriah menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya. Ini berbeda dengan tahun Masehi yang menggunakan peredaran matahari..

Sejarah Tahun Hijriah
Penetapan tahun Hijriah atau kalender Hijriah dilakukan pada jaman Umar bin Khatab, yg menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW (ditemani Abu Bakar) dari Mekah ke Madinah..

bulan bulan hijriahTahun Baru Hijriah
Dengan urutan nama-nama bulan Hijriah di atas, maka tahun baru Hijriah atau tahun baru Islam jatuh pada tanggal 1 Muharram. Ini termasuk salah satu hari besar Islam.Tahun baru Hijriah 1434 bertepatan dengan tanggal 15 November 2012.

khutbah jumat tahun baru hijriahKhutbah Jumat tentang Tahun Baru Hijriah
Para khatib atau penceramah menjelang tahun baru Hijriah atau selama bulan Muharram sebaiknya memberikan khutbah Jumat atau ceramah tentang tahun Hijriah atau tahun baru Islam. Salah satu contoh bahan ceramah / khutbah tentang tema tersebut dapat anda baca di akhmadtefur.com yang berjudul “Contoh Khubah Jumat Tahun Baru Islam

Silakan share…
error: Content is protected !!