Tips dan Trik Pidato Maulud Nabi yang Menarik

contoh pidato maulud nabi muhammad sawUntuk membuat pidato maulud Nabi Muhammad SAW yang menarik, berikut kami sajikan beberapa tips dan triknya. Pertama, awali pidato Anda dengan ice breaker (bumbu pidato). Ingat, kunci sukses pidato Anda adalah di menit-menit pertama Anda mengawali pidato. Para hadirin tertarik dengan pidato Anda atau tidak sangat tergantung dari pembukaan pidato Anda.

Ice breaker dapat berupa kisah hikmah, humor, pertanyaan menarik, fakta mengejutkan atau kisah yang menyentuh. Contoh ice breaker kisah hikmah yang dapat Anda gunakan dalam pembukaan pidato maulud misalnya:

Silakan baca: Kisah Nabi SAW 

Kisah hikmah tersebut sangat menyentuh hati. Sangat cocok untuk pembuka pidato atau ceramah maulud nabi Anda agar para hadirin terkesan.

Baca juga: Contoh ice breaker

Setelah Anda berhasil memikat hadirin melalui pembukaan yang menarik, Anda lanjutkan dengan menyampaikan tema utamanya (isi pidato)

Tips: Buatlah jembatan tema, yaitu kata-kata untuk menghubungkan antara ice breaker dengan tema yang akan Anda bawakan sehingga pidato Anda memiliki alur yang mantap.

Trik : Sebisa mungkin gunakan ice breaker yang erat hubungannya dengan tema pidato maulid nabi Anda. Jika tidak, Anda harus berfikir ekstra untuk membuat jembatan tema.

Saat menyampaikan isi, tetaplah berkomunikasi dengan hadirin. Baik lewat pertanyaan, kontak mata atau mengajak hadirin untuk mengatakan sesuatu bersama-sama. Inilah trik untuk membuat pidato maulud nabi Anda tidak monoton.

Pada peringatan Maulud Nabi Muhammad, utamakan tema seputar kehidupan nabi. Tema maulud nabi lainnya seperti hukum maulud nabi sebaiknya tidak perlu dibahas.

Contoh pidato singkat yang melibatkan (komunikasi) dengan hadirin dapat Anda baca di contoh pidato yang berjudul : 300 Amalan yang Terus Mengalir Pahalanya yang disampaikan oleh Ust. Akhmad Tefur.

Tips menutup pidato maulud Nabi Muhammad SAW

  • Bawakan ice breaker penutup
  • Beri kesimpulan yang jelas
  • Membuat ajakan yang kuat untuk take action!

Ice breaker penutup hampir sama dengan saat membuka. Bedanya, Anda harus menggunakan ice breaker yang benar-benar nyambung dengan kesimpulan atau tema Anda.

Semoga tips dan trik membawakan pidato maulud Nabi Muhammad SAW ini bermanfaat untuk Anda.

Silakan share...
error: Content is protected !!