5 Hal yang Mesti Anda Ketahui Tentang Haji

ProMutu.com » tentang haji

Urgensi Pengetahuan Tentang Haji

hal penting tentang hajiBisakah seseorang naik ke bulan tanpa pengetahuan yang memadai? Itulah ilustrasi urgensi pengetahuan. Bicara tentang haji juga tidak terlepas dari persiapan pengetahuan. Ada 5 hal penting (urgent) yang mesti anda persiapkan sebelum menuju baitullah dalam usaha untuk meraih haji mabrur. Pastikan satu demi satu anda perhatikan dengan baik. Inilah 5 hal primer tentang haji…

1. Ketahui niat, dan meluruskannya
Untuk apa anda berhaji? Karena ikut-ikutan, tuntutan jabatan atau untuk maksud tertentu? Jika ada maksud lain selain Allah, maka anda hari ini juga sebelum beranjak dari cheklist kedua tentang haji, anda harus terlebih dahulu meluruskan niat anda karena Allah. Caranya: Istighfar untuk memohon ampuanan kepada Allah. Bacalah basmalah, lalu berniatlah haji karena Allah.

Mungkin saja gurisan niat-niat lama masih tersisa. Gak papa… teruslah beristighfar dan minta bimbingan Allah untuk mengikhlaskan niat.

2. Ketahui tata cara ibadah haji dengan baik
Anda harus mengerti tata cara ibadah haji secara global dan detail. Secara global, maksudnya mulai anda berangkat dari tanah air sampai kembalinya, anda harus tahu urutan kegiatan yang harus dilakukan.

Mengetahui tata cara ibadah haji secara detail, anda harus tahu dengan detail untuk masing-masing kegiatan. Misalnya tata cara ihram, tata cara thawaf, tata cara syai dan tata cara ibadah haji lainnya.

3. Ketahui hukum-hukum seputar ibadah haji
Di dalam ibadah haji ada kegiatan yang disebut dengan
– Rukun haji
– Wajib haji
– Sunnah haji
– Larangan haji
Pastikan anda ketahui mana kegiatan yang termasuk rukun, wajib, sunnah atau larangan. Artikel hukum tentang haji tersebut dapat anda baca di judul artikel lainnya.

4. Ketahui usaha-usaha meraih haji mabrur
Ada beberapa usaha untuk meraih haji mabrur. Antara lain dapat anda baca pada artikel:
Haji Mabrur dengan Manajemen Waktu
– Gladiresik di Arafah, Meraih Haji Mabrur
dan usaha-usaha lainnya

5. Ketahui hal-hal yang sering dilanggar
Jika anda tidak tahu hal-hal yang sering dilanggar, besar kemungkinan anda juga akan melanggarnya tanpa terasa. Adapun pelanggaran haji yang paling banyak dilakukan adalah bukan pelanggaran fisik, tapi pelanggaran mental yaitu:
– Berkata kotor termasuk yang membangkitkan birahi
– Berbuat fasik (jahat), termasuk bergunjing
– Berbantah-bantahan
Tiga laragan ini sesuai dengan firman Allah:

ayat tentang haji dan larangannya
Al Baqarah 197

“falaa rafatsa, walaa fusuuqa, walaa jidaala fil hajj”

Semoga kajian Islam tentang haji ini dapat meningkatkan semangat anda.

Baca artikel lainnya tentang haji «- Klik!

SILAKAN SHARE....
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking