Hadits tentang Nabi Muhammad SAW, Teladan Kita

hadits tentang nabi muhammad sawUntuk dapat meneladani manusia terbaik, kita harus mengetahui hadits tentang Nabi Muhammad. Tentang kehidupan rumah tangganya, tentang sikap dan aktivitas lainnya di dalam kehidupan. Silakan simak hadits-hadits nabi di bawah ini. Semoga kita termotivasi untuk meneladaninya.

Hadits tentang Nabi Muhammad dalam rumah tangga

Aisyah RA pernah ditanya “Apakah yang dilakukan Rasulullah SAW di dalam rumah?” Ia  menjawab: “Beliau SAW adalah seorang manusia biasa. Beliau menambal pakaian sendiri, memerah susu dan melayani diri beliau sendiri.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Subhanallah, seorang yang memiliki kedudukan luar biasa ini dalam kehidupan rumah tangganya ternyata penuh dengan kesahajaan.

  • Pakaiannya sederhana, bahkan mau memakai pakaian yang ditambal
  • Penambalannya dilakukan oleh dirinya sendiri
  • Beliau melayani kebutuhannya sendiri

Di zaman ini, adakah seorang presiden atau pejabat yang mau memakai pakaian tambalan? Adakah seorang presiden atau pejabat yang mau menambal pakaiannya?

Hadits tentang Nabi dalam hal kesederhanaan

Aisyah RA menuturkan: “Kami, keluarga Muhammad, tidak pernah menyalakan tungku masak selama sebulan penuh, makanan kami hanyalah kurma dan air.” (HR. Al-Bukhari)

Hadits Nabi Muhammad di atas tidak menunjukkan bahwa beliau itu miskin, melainkan itu adalah sebuah kesederhanaan. Selain itu, nabi juga gemar memberi (bersedekah) kepada orang yang membutuhkan.

Hadits tentang Nabi Muhammad dalam memenuhi panggilan Allah

Diriwayatkan dari Al-Aswad bin Yazid ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah RA: ‘Apakah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW di rumah?’ Aisyah RA menjawab: “Beliau biasa membantu keluarga, apabila mendengar seruan adzan, beliau segera keluar (untuk menunaikan shalat berjamaah di masjid).” (HR. Muslim)

Baca juga: Dahsyatnya Shalat Berjamaah di Masjid

Nabi Muhammad adalah orang yang sangat sibuk. Selain menjadi pemimpin agama, beliau juga menjadi pemimpin negara, pemimpin pendidikan, pimpinan hukum bahkan pimpinan perang. Orang sesibuk beliau ternyata selalu menyempatkan diri untuk shalat berjamaah.

Bagaimana dengan kita? Sesibuk apa kita? Bagaimana dengan shalat jamaah kita? Sudah full 5 waktu berjamaah di masjid atau masih blentang blentong?

Baca juga: Silsilah Nabi Muhammad

Sering kita temukan seorang laki-laki yang shalat berjamaah berserta istri dan anaknya di rumah dengan dalih keharmonisan. Ini sama sekali tidak dicontohkan oleh Rasulullah saw. Untuk lebih jelasnya, baca: Surat Terbuka untuk Lelaki yang membahas alasan-alasan lebih lengkap mengapa laki-laki semestinya shalat berjamaah di masjid (bukan di rumah).

Hadits- hadits tentang Nabi Muhammad saw dari: Sehari di Kediaman RASULULLAH SAW, Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim yang termuat dalam www.kolomayah.info

Silakan share...
error: Content is protected !!